Penyebab, Efek & Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Kulit wajah berminyak secara langsung berkaitan dengan jerawat. Dan pandangan ini sudah terlalu umum di masyarakat. Bukti klinis juga berkata sama. Kesamaan tersebut tidak berhenti sampai disitu. Jika anda terjebak dengan gangguan minyak di wajah, kita sama-sama paham betapa susah mengontrol produksi sebum tersebut. Lebih sial lagi banyak produk dengan label for oily skin, untuk mengatasi kulit berminyak, faktanya sering berkata lain. Produk tersebut malah memperparah minyak di wajah sebab seringkali mengkomposisikan substansi yang berifat skin-aggravating.

Pemakaian produk buat kulit muka berminyak tidak serta merta bisa digunakan. Ada beberapa hal yang musti di pertimbangkan sebelum membeli. Pertama deteksi penyebab kulit berminyak. Kalau anda langsung membeli produk skincare tanpa tahu penyebabnya berarti anda sudah terlalu kaya. Begini, untuk urusan apapun manusia harus tahu landasan dasar sebelum melakukan sesuatu. Saat berpacaran, seorang cewek harus tahu kenapa si laki-laki jatuh cinta. Bila lelaki tersebut menjawab; tidak tahu sebab cinta begitu murni, datang begitu saja dan tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Percayalah, itu adalah rayuan paling gombal di dunia. Semua hal pasti ada penyebab, akibat dan solusi mengatasi itu. Saat putus, bisa anda tanyakan mengapa?, yakinlah lelaki tersebut bisa memberi sejuta alasan. Kedua pilih penanganan yang tepat berdasarkan penyebabnya.

 Lalu apa yang membuat wajah kita berminyak?

Penyebab wajah berminyak secara umum bisa dikategorikan menjadi 2 faktor, eksternal dan internal. Kemungkinan genetis atau hormonal adalah pemicu dari dalam, sementara faktor eksternal bisa berbagai macam seperti salah memakai make up dan skincare.penyebab kulit berminyak

  1. Faktor internal
  • Pada awal pubertas Hormon Androgen meningkat produksinya. Hal ini dapat menyebabkan pembesaran dan peningkatan aktifitas kelenjar sebaceus.
  • Secara genetis orang dengan kulit berminyak memiliki bapak dan ibu yang sebagaian besar juga mengalami masalah serupa.
  • Siklus hormon bulanan pada wanita yang sedang menstruasi.
  • Irama sirkadian atau irama tubuh harian, di mana produksi minyak meningkat pada jam pertama tidur.
  • Stress memproduksi substanz P yang meningkatkan proliferasi dan diferensiasi kelenjar sebum

stress menyebabkan kulit berminyak

 

 

 

 

 

 

2. Faktor eksternal

  • Sinar UV dapat memperbesar kelenjar minyak
  • Peningkatan suhu tubuh. Tiap kenaikan suhu 1° akan meningkatkan 10% produksi kelenjar minyak
  • Salah memilih kosmetik. Bahan seperti lanolin, petrolatum, minyak atsiri dan bahan kimia murni; asam oleik, butil stearat, lauril alkohol atau bahan pewarna yang biasanya terdapat pada krim-krim wajah terbukti sangat comedoic.
  • Konsumsi makanan yang digoreng dan banyak mengandung lemak
  • Mencuci wajah terlalu sering dengan facial wash. Yang tepat cukup dua kali sehari dengan air hangat dan cleanser yang non-comedogenic.

pembersih untuk kulit berminyak

Bagiamana cara yang benar mengatasi kulit berminyak?

Judul subtitle ini memakai kata yang benar, sebab diluar sana masih banyak wanita atau pria yang belum merawat kulit berminyak dengan tepat. Dari berbagai penyebab di atas, kita bisa mudah menarik kesimpulan cara mengatasi kulit berminyak yang benar-benar pas. Bila anda sering nongkrong di KFC, Pizza hut atau membeli burger, mulailah kurangi dan lihat hasilnya. Ketiak dirasa perubahanya tidak terlalu signifikan mungkin ada faktor lain. Misalnya saja penggunaan skincare routine dan make up yang sebetulnya kurang cocok dengan kulit wajah namun anda tidak menyadarinya. Maksudnya, ada beberapa komposisi skincare atau make up tersebut yang harsh ingredient seperti alcohol denature dalam jumlah besar. Fragrance juga salah satu kandungan terburuk yang harus dijauhi selain menthol, mint, dan eucalyptus.

ciri-ciri kulit berminyak

Dan kami cukup paham beberapa wanita tidak terlalu peduli pada komposisi kosmetik yang mereka beli. Sebab prinsip mereka sama, saya membeli maka saya ada dan bahagia. Apakah anda pernah mendengar atau setidaknya sekali saja membaca jika menggunakan produk yang mengeringkan kulit atau jarang memberi moisturizer pada kulit akan sangat berpengaruh pada peningkatan sebum di wajah.

Moisture, ini kata penting. Harus dipahami ada kalanya kulit mengalami dehidrasi sehingga ia merasa perlu untuk memproduksi banyak minyak agar kelembaban tetap terjaga. Oleh sebab itulah saat memakai produk yang cenderung mengeringkan, otomatis akan membuat kulit kita menghasilkan minyak lebih banyak. Di titik ini moisturizer menjadi berguna pada kulit wajah berminyak. Agar kulit tidak kering dan membuatnya lebi tenang. Moisturizer untuk kulit berminyak harus ringan agar tidak menyumbat pori dengan tekstur gel atau liquid.

Lebih detail bisa simak tips-tips membeli produk untuk mengatasi minyak berlebihan dibawah. Dan satu lagi yang wajib diingat, apakah kita kerap merasakan saat memakai sebuah produk dan wajah kita terasa gatal?. Sebetulnya itu adalah reaksi alami kulit yang merasa kesakitan. So, jangan salah sangka dengan pandangan awam yang beranggapan kulit terasa gatal akibat produk tersebut bekerja dengan membunuh kuman. Justru jika produk tersebut berlabel anti bakteri, kita harus berhati-hati memakainya. Pertama produk tersebut secara tidak langsung juga membunuh bakteri baik di kulit. Kedua keseringan memakai pembersih anti bakteri justru akhirnya membuatnya kebal. Seperti seorang pemabuk, saat pertama minum alkohol ia akan pusing. Selanjutnya ia ketagihan dan butuh dosis lebi besar. Ini artinya, pembersih yang bersifat disinfektan bakal membikin wajah tambah jerawatan. Dan berikut tips sederhana dalam memilih produk untuk kulit berminyak. Lebih lengkap bisa cek ke review produk untuk kulit berminyak.

Dos and don’ts in Oily skin

  • Jika kulit berminyak terjadi saat abg yang diakibatkan oleh hormon, lebih pakai cleanser atau toner yang mengandung astringent lembut berbahan Aloe vera, chamomile, Salicylic acid, Witch Hazel atau Apple Cider.
  • Kalau anda sudah tua dan masih jerawatan. Belum berarti anda sedang jatuh cinta. Cara yang paling tepat adalah memeriksa kembali skincare yang selama ini dipakai. Produk yang bersifat mengeringkan kulit seperti mengandung alcohol denat, Sodium atau Ammonium Lauryl Sulfate, Mineral Oil, Petrolatum, Isopropyl Myristate dan Isopropyl Palmitate. Semua produk yang memakai bahan tersebut bisa diganti. Tetapi tidak perlu semua kecuali anda kelebihan uang, cukup liat komposisi di label belakang. Perhatikan mana yang dirasa tidak pas.
  • Jangan memakai bar soap untuk wajah
  • Pakai moisturizer yang ringan setelah memakai serum. Pastikan produk tersebut tidak menyumbat pori-pori dan berbahan bahan ceramide atau salicilyc acid.

bahan terbaik untuk kulit berminyak

  • Gunakan sunblock saat keluar rumah agar tidak memperparah minyak di wajah.
  • Jika jerawat mulai muncul bisa mengoleskan cream totol jerawat, biasanya mengandung bahan seperti benzoil peroxide atau azelaic acid. Bila sedang hamil atau menyusui pastikan komposisinya aman. Lebih jauh bisa liat perawatan wajah untuk ibu hamil.
  • Pakai masker yang mengandung kaoilin atau bentonite seminggu sekali.

Dan Produk Terbaik untuk Kulit Berminyak?

Banyak sekali produk di pasaran dengan kualitas baik yang bisa anda dapatkan. Produk lokal pun sudah mempunyai komposisi yang tidak kalah dengan pabrikan import. Namun yang perlu anda ingat adalah tidak ada satu biji produk ajaib yang mampu mengatasi kulit berminyak dengan ampuh. Selalu dan pasti, anda membutuhkan rangkaian paket yang bisa jadi berisi beberapa produk. Untuk mengetahui produk terbaik kulit berminyak bisa cek artikel Skincare Terbaik untuk Kulit Berminyak.

Itulah tips dari kami yang bisa anda terapkan untuk merawat kulit berminyak. Ingat, jangan stress. Apakah anda tahu jika orang dengan kulit berminyak cenderung lebih awet muda. Keriput akan lebih muncul pada orang yang berkulit kering. Dengan penanganan yang tepat kulit berminyak merupakan cikal bakal wajah glowing. Masih tidak percaya, silahkan WA kami untuk mengetahui solusi terbaik muka berminyak.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.