Penyebab & Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering atau Kusam

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kulit Kering Atau Kusam – Kulit wajah kering ditandai dengan pori-pori mengecil, rapuh dan gersang di bagian pipi. Tanda-tanda penuaan juga cepat terlihat, biasanya cenderung berkerut, wajah kusam dan suram tanpa kelembaban dan masa depan yang jelas. Jika disentuh akan terasa kasar dan bersisik. Sebagian orang dengan kulit kering juga merasa gatal. Kondisi ini kerap di alami wanita sebab secara fisiologis mereka memiliki kulit yang lebih tipis daripada pria. Oleh sebab itulah kita tidak pernah mengenal istilah pria gatal.

dry skin

Pada kulit yang sehat, permukan kulit menyimpan air antara 20-30%. Dan tanpa harus dipertanyakan, kulit yang terhidrasi akan nampak lembut, kenyal dan glowing. Ia juga mampu memasok sel kulit dengan nutrisi yang cukup untuk beregenerasi dan mempertahankan diri dari godaan radikal bebas yang tercela. Masalahnya, mempertahankan kulit tetap terhidrasi bisa di bilang susah. Anda selalu butuh moisturizer. Temuan terpenting di bidang dermatology ini membantu mempertahankan air pada lapisan atas kulit. Ia juga mampu mencegah hilangnya kelembaban seiring terjadinya penuaan. Sangking pentingnya, market value produk pelembab di Amerika Serikat menduduki peringkat penjualan terbesar, sekitar 1 bilyun dollar per tahun. Dari angka tersebut, tidak semua orang membeli pelembab yang tepat untuk kulit kering dan kusam mereka.

Produk Rekomendasi Untuk Wajah Kering

Pelembab Kulit Kering

Theraskin SunCare With moisturize, Theraskin Serum Vitamin C 10%, Peeling GA 20%, Jafra Hydrating Toner

Penyebab Kulit Kita Menjadi Kering

Mengetahui penyebab kulit kering menjadi penting, kenapa? Penyebab dan cara mengatasi kulit kering adalah satu frase yang tidak bisa dibuang. Menemukan penyebab yang sebenarnya berujung pada presisinya kita merumuskan cara yang pas mengatasinya. Ini tak lain karena banyak faktor yang membuat kulit kering. Mulai dari:

  • garis genetis
  • umur
  • lingkungan
  • sampai problem kesehatan juga dapat memicu kulit menjadi lebih gersang.

Apapun profesinya dan setinggi manapun jabatan anda, tidak pernah ada jaminan akan terbebas dari problem pelik ini. Ibu rumah tangga yang terlihat hanya diam di rumah dan jarang terpapar sinar matahari bisa mengalami kulit kusam dan kering hanya karena menggunakan deterjen, acetone atau berendam air hangat terlalu lama dengan suami.

Udara kering karena AC di dalam kantor juga mampu menghilangkan kelembapan alami kulit. Perubahan suhu yang drastis membuat kulit tak punya cukup waktu untuk melakukan penyesuaian. Kulit menjadi stres. Disamping itu, bagi anda yang begitu sial tinggal di kota besar, polusi udara dapat memicu aktivitas radikal bebas yang merusak kulit. Selain faktor eksternal ini, proses penuaan serta berbagai kelainan kulit juga dapat membuat kulit kering.

Terlepas dari semua problem tersebut, saat kulit tidak mampu mempertahankan level kelembaban yang normal, tugas anda selanjutnya adalah melakukan reestablish lapisan epidermis agar tetap terhidrasi. Caranya bagaimana? Panduan sederhana berikut dapat merubah penampakan kulit kering dan kusam anda menjadi lebih smooth serta segar secara cepat.

Bagaimana Caranya Mengembalikan Kelembaban Kulit?

Cara mengatasi kulit kering, baik kekeringan tersebut melanda wajah ataupun tubuh anda, perawatan yang teratur wajib dilakukan. Perawatan tersebut bisa dilakukan secara harian ataupun mingguan. Disamping itu anda harus menghindari beberapa faktor penyebab kulit kering. List berikut adalah kegiatan apa yang wajib dihentikan dan aktivitas apa saja yang seharusnya mulai di lakukan untuk perawatan.

Apa Yang Harus Anda Jauhi ?

  1. Segala jenis Drying cleansers
  2. Produk yang kasar atau kandungan yang bersifat skin-aggravating seperti alcohol denat, peppermint, menthol, mint, citrus, eucalyptus, dan fragrance.
  3. Menggunakan air yang terlalu panas atau terlampau dingin
  4. Berendam terlalu lama di bak mandi, kolam renang atau sungai.
  5. Memakai abrasive scrub seperti penggosok wajah atau badan terlalu sering

Selain lima hal diatas, anda harus membatasi pemakaian cream malam. Krim malam yang dioleskan secara rutin memiliki efek samping berupa penipisan kulit. Hal ini disebabkan pengelupasan sel kulit mati dipercepat oleh bahan aktif yang terdapat dalam krim tersebut. Lebih baik, batasi penggunaanya 2 hari sekali dalam jangka waktu 2 bulan. Setelah mendapatkan penyebab dan cara mengatasi kulit kering, anda bisa mulai berhenti hunting foto dan beralih ke hunting produk.

Apa Yang Wajib Anda Beli dan Gunakan ?

  1. Gunakan Sunscreen Dengan SPF 30 atau Lebih Utk Kulit Kering Anda
    Sinar matahari hanya butuh sepersekian menit untuk menghancurkan kulit anda. Sedikit lebih lama, slowly but surely, kulit akan kewalahan untuk mempertahankan kelemababan, warna kulit berubah, keriput mulai muncul.
    Gluteracare expert’s choice : Theraskin SunCare With moisturize
  2. Pelembab Moisturizer & Serum Utk Kulit Kering 
    Pastikan serum tersebut memiliki kandungan antioksidan, sebuah senyawa yang dapat menetralkan radikal bebas reaktif menjadi bentuk tidak reaktif yang relatif stabil sehingga dapat melindungi sel dari efek bahaya radikal bebas. Kita sering jumpai substansi ini dalam bentuk vitamin C pada serum. Serum tersebut anda pakai setelah mengoleskan Pelembab. Pelembab yang baik harus mempunyai bahan-bahan seperti dimeticone.
    Gluteracare expert’s choice : Royal Jelly Lift Concentrate, Theraskin Serum Vitamin C 10%
  3. Exfoliate Dengan Lembut
    Exfoliate merupakan cara pengelupasan kulit dengan menggunakan scrub atau cairan kusus untuk mengangkat sel kulit mati, untuk kulit kering cari produk dengan kandungan glicolyc acid. Proses ini penting sebab sel kulit mati akan saling bertumpuk dan membentuk lapisan sisik yang tahan air untuk melawan dehidrasi. Sisik di permukaan bakal semakin kasar dan ruang antar sel bisa melebar yang membuat kelembaban gampang hilang.
    Gluteracare expert’s choice : Theraskin Pre Peel Cleanser, Peeling GA 20%, Neutralizer
  4. Booster
    Ini bersifat optional. Booster adalah pre-essence atau pre-serum. Ia berfungsi sebagai produk tambahan yang dipakai sebelum serum atau essence. Bila ingin memakai booster cari produk yang mengandung Hyaluronic acid. Zat ini dikenal mujarab untuk mengikat kelembaban. Bila tidak ada booster, bisa diganti dengan toner yang mampu menghidrasi kulit.
    Gluteracare expert’s choice : Theraskin AHA Toner, Jafra Hydrating Toner

Apa Minum Air Membantu Perawatan Kulit Kering?

Pikiran semacam ini berasal dari logika yang super simpel, bila kulit kering maka harus dibasahi. Namun apa hal ini wajib anda lakukan?. Secara umum, orang normal dianjurkan minum air putih sekitar 8 gelas perhari, sekitar 2 liter, tapi ini tidak di kenai hukum tetap. Artinya, bagi orang-orang yang mengalami kondisi tidak normal, seperti sedang hamil, butuh lebih dari itu.

Hal tersebut juga disesuaikan dengan kondisi berat badan. Manusia butuh air 30 ml per kilogram berat badan. Bila berat (massa) badan 90 kg, maka kebutuhan cairan sekitar 2700 ml. Ini belum dikurangi dari jumlah air yang anda peroleh saat mengkonsumsi makanan.

dry skin
Clinical Cosmetic Investigative Dermatology pernah mempublikasikan jurnal yang meneliti efek air minum pada 48 responden. Hasilnya memang terjadi perubahan namun tidak signifikan. Pada dasarnya, air hanya pelarut nutrisi, tanpa asupan yang cukup, air jadi tidak terlalu berguna. Disamping air, tidur yang berkualitas juga faktor penting dalam regenerasi kulit.

Kemampuan kulit untuk mengabsorbsi nutrisi berada pada tingkat tertinggi saat malam hari, pukul 24.00-04.00. Pada waktu itu, sel-sel yang rusak diperbaiki dan sel-sel kulit yang baru diproduksi. Ini semua dikerjakan oleh hormon melatonin yang diproduksi kelenjar pineal (pineal gland). Hormon ini jualah yang membuat kita mengantuk. Oleh sebab itu, tidurlah tepat pada waktunya, jangan jadi clubber, purel atau kelelawar untuk mendapatkan kulit yang normal. Dan terakhir, kurangi rokok dan alkohol untuk kesehatan kulit anda.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.