Cara Menghilangkan Komedo Di Wajah Dengan Tepat Dan Cepat

Komedo : Penyebab, Cara Mengatasi, & Produk Terbaik

Komedo sebagaimana banyak orang pahami adalah munculnya bintik-bintik hitam kecil di hidung. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Secara medis komedo dibagi menjadi dua, komedo hitam (blackhead) dan komedo putih (whitehead). Yang membedakan hanya cara mereka memunculkan diri di wajah agar terlihat kalayak ramai. Whitehead lebih dikenal dengan jerawat pasir. Sementara, kami akan membahas blackhead atau jerawat hitam yang muncul di hidung.

Meski komedo bisa di bilang jenis jerawat ringan dan tidak terlalu mengganggu. Banyak orang kesal dengan problem ini. Pertama karena komedo kerap susah dihilangkan, kedua ia mengganggu penampilan. Memencetnya bukanlah solusi terbaik, justru itu membuat komedo semakin parah. Dan jalan satu-satunya adalah melakukan peeling.

Produk terbaik untuk komedo

Penyebab Komedo

  • Saat terlalu banyak minyak terproduksi di dalam pori, ia akan sulit untuk mengalir secara bebas ke permukaan kulit.
  • Minyak yang terperangkap ini bercampur dengan kulit mati yang tidak mengalami pengelupasan dengan baik. Bakteri pun berumah tangga di dalam sana.
  • Suatu saat, minyak dan kulit mati yang berada pada lapisan paling atas akan terekspos oleh udara, ia beroksidasi membentuk bintik kecil hitam, blackhead.

Apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi komedo?

Cara mengatasi komedo bisa dimulai dengan memilih komposisi produk yang tepat. Artinya produk tersebut harus mampu melakukan tugas-tugas sebagai berikut:

  • Menormalkan aliran minyak sehingga ia tidak terjebak di dalam pori.
  • Meminimalkan dan menyerap kelebihan minyak
  • Mengelupaskan sel kulit mati

Berita buruknya, tidak banyak produk yang bisa memenuhi janji seperti saat belum kita beli. Ia gagal menghalau munculnya komedo, bahkan beberapa ada yang menjadikanya semakin berantakan. Kemungkinan yang muncul ada dua, kulit anda tidak cocok dengan produk tersebut atau produk tersebut memiliki kandungan yang buruk. Oleh sebab itu, sebelum kita bergerak lebih jauh harap perhatikan kandungan apa saja yang beresiko untuk mengobati komedo.

Produk yang membuat komedo bertambah parah

Penggunaan skincare yang keliru, tidak mengindahkan step-step yang tepat, serta tidak memahami kandungan suatu produk adalah problem klasik orang Indonesia yang tidak gemar membaca. Mengatasi hal tersebut, kami mencoba meringkas beberapa hal yang patut anda jadikan garis besar pemahaman jerawat, utamanya komedo.

  • Banyak produk yang mengklaim dirinya tepat untuk komedo dan mengandung skin-aggravating ingredients seperti alcohol, peppermint, menthol, lemon, lime, eucalyptus. Substansi ini terbukti memicu produksi minyak lebih banyak.
  • Anda tidak bisa sekedar menggosoknya dengan scrub. Blackhead sejatinya berada di area yang lebih dalam pada pori-pori. Memakai scrub hanya menimbulkan gangguan pada kulit, seperti iritasi ringan dan kemerahan.
  • Pore stips tidak bisa mengatasi komedo dengan sempurna

Masker hidung ini hanya bisa menghilangkan komedo di bagian permukaan saja. Ia tidak memiliki efek yang berarti sebab pori-pori anda akan dengan cepat tersumbat lagi. Tak lama, komedo segera datang.

  • Kalau anda laki-laki, jangan memakai sabun batang untuk komedo. Natrium Hidroksida dan Stearic Acid pada sabun batang membuat pori-pori semakin macet.

Langkah-langkah menghilangkan jerawat komedo

Rahasianya? Gunakan produk yang tepat dan konsisten. Apabila produk tersebut harus dipakai seminggu sekali, maka anda harus melakukan saran tersebut. Tidak susah menuruti step-step yang benar demi keselamatan hidung anda. Dan berikut ulasanya.

  • Pilih face cleanser yang water-based dan usapkan ke seluruh wajah sehari maksimal 2 kali. Rata-rata cleanser bersifat menyerap minyak. Semakin sering di hilangkan, minyak akan kembali sebagai timbal balik kulit yang kering. Ini adalah respon alamiah tubuh. Berita buruknya, saat kembali itulah wajah akan balas dendam dengan memproduksi minyak yang lebih banyak.

Yang bisa anda pakai : : Theraskin Facial Wash Oily

  • Hindari memakai moisturizer atau cream berlebih di sekitar hidung sebab mereka mampu menyumbat pori-pori. Lebih baik menggunakan skincare yang ringan berbentuk gel atau liquid yang mengandung retinoid dan vitamin c seperti pada serum dan essence.

Yang bisa anda pakai : : Serum Skincerity, Serum Hanasui Anti Acne

  • Peeling menjadi kunci penting. Pilih peeling dengan kandungan salicylic acid (BHA) dan lakukan proses ini 20 hari sekali. Lakukan proses peeling dengan tepat, tidak ada tahap yang terlewati atau waktu yang tidak pas. Lebih lanjut bisa baca artikel tentang peeling di proses peeling yang benar.

Yang bisa anda pakai : : Salicylic acid 30%

  • Bila semua tahap diatas sudah di lalui dan komedo masih muncul, mungkin ada yang salah dengan wajah. Yang sering terjadi adalah kulit anda terlalu berminyak parah. Untuk itu anda bisa mengatasinya dengan produk kusus penyerap minyak. Varianya pun bermacam-macam ada yang berupa masker, toner ataupun serum. Kami sarankan lebih memakai masker yang mengandung clay atau bentonite.

Yang bisa anda pakai : : Jafra Mud Mask

Inilah berbagai cara dan tips yang bisa anda terapkan untuk mengilangkan komedo. Buat terapi sampingan anda bisa memakai es batu yang juga bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori dan meminimalkan produksi minyak. Namun ada beberapa hal yang harus anda ingat seperti, jangan gunakan es pada wajah anda lebih dari 5 menit sebab jaringan kapiler di bawah kulit dapat rusak. Mengaplikasikan es batu langsung ke wajah juga tidak bagus, sebaiknya membungkus es tersebut dengan kain atau plastik. Kebalikanya, jika ingin mengeluarkan minyak cara paling sederhana adalah memberikan uap hangat ke wajah. Anda bisa melakukan terapi heat and cold ini mendampingi pengobatan utama. Pengaplikasianya bisa menguapi wajah dahulu, selang 10 menit baru mengompresnya dengan es.

Bila hendak memakai bahan alami untuk menghilangkan komedo seperti lidah buaya, putih telur, garam, baking soda atau lemon, perhatikanlah apa produk tersebut cocok untuk kulit anda. Tidak semua yang alami itu aman, beberapa bahan alami juga rentan mengiritasi kulit sebut saja lemon atau lavender. Namun bahan alami sangat menguntungkan dari sisi finacial, garam sangat murah dan mudah di dapat. Anda bisa memakainya saat sedang memasak. Bahan alami juga sangat berguna bagi mereka yang sedang menjalankan ibadah puasa, reaksi super duper lemot dari bahan tersebut membuat komedo anda tak kunjung sembuh, disinilah kesabaran anda yang sebenarnya di uji. Saat mendekati hari raya dan komedo masih dimana-mana. Bila anda lulus, semoga amal ibadah puasa anda diterima Yang Maha Kuasa.

 

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.