Cara Mengobati Herpes Pada Bibir & Mulut Dengan Cepat

Penyebab | Gejala | Pengobatan | Pencegahan | kembali ke klasifikasi
Obat Herpes Zoster & Simplex Genital, Bibir, Mulut & Mata Pada Anak Bayi, Wanita & PriaJika Anda menderita herpes, berikut beberapa saran umum yang bisa Anda ikuti diantaranya yaitu:

  • Cobalah untuk tidak menyentuh atau mengutak-atik luka herpes labialis. Anda boleh menyentuh luka hanya pada saat menerapkan krim topikal.
  • Krim, gel dan perawatan topikal lainnya harus dioleskan dan jangan digosok. Hal ini untuk meminimalkan kerusakan pada lecet yang dapat menyebarkan virus ke area sekitar, atau menyebabkan rasa sakit pada bagian yang melepuh atau koreng.
  • Cuci tangan Anda dengan sabun dan air setelah menyentuh luka dan setelah menerapkan krim.
  • Jika Anda keluar rumah di bawah sinar matahari yang terik, coba gunakan lip balm yang mengandung tabir surya lip balm (SPF 15 atau lebih). Hal ini terbukti mampu untuk mencegah memperparah luka pada herpes labialis pada beberapa orang. Jangan berbagi lip balm dengan orang lain jika Anda menderita herpes labialis. Llip balm mungkin kurang nyaman daripada lipstik tetapi ini dapat meminimalkan resiko kontaminasi dari produk, jika diterapkan dengan jari bersih.
  • Nyeri dapat mereda dengan meminum obat penghilang rasa sakit seperti parasetamol atau ibuprofen.
  • Minum banyak cairan untuk menghindari dehidrasi
  • Hindari makanan yang asam atau asin dan makanan dingin, serta makanan ringan
  • Jika menyikat gigi menyakitkan, gunakan obat kumur antiseptik
  • Seorang apoteker dapat menyarankan krim atau gel yang bisa menenangkan Anda. Sekali lagi, penting untuk tidak berbagi obat.
  • Ada risiko menginfeksi mata jika lensa kontak Anda terkontaminasi. Anda dapat mencegah hal ini dengan mencuci tangan hingga bersih sekali sebelum menangani lensa kontak Anda. Jika Anda memiliki lensa sekali pakai dan Anda curiga bahwa lensa telah terkontaminasi, mungkin sebaiknya di buang saja. Akan lebih baik untuk memakai kacamata saja dan mencari nasihat dari dokter atau dokter mata Anda.

cara mengobati herpses labiasi simplex di bibir mulut

Krim dan tablet antivirus
Krim antivirus seperti asiklovir atau pensiklovir (juga dikenal sebagai Fenistil) dapat mempercepat waktu penyembuhan infeksi herpes pada bibir dan mulu yang berulang jika digunakan dengan benar.
Krim untuk herpes bibir dan mulut banyak tersedia di apotek tanpa resep.

Mereka hanya efektif jika Anda menerapkannya segera setelah tanda-tanda pertama seperti sakit pilek muncul, ketika virus herpes simpleks menyebar dan melipatganda. Menggunakan krim antivirus setelah periode awal ini mungkin akan memberikan banyak efek.

Jika Anda telah sering mengalami serangan cold sore berulang, gunakan obat antivirus segera setelah Anda merasakan sensasi kesemutan yang menunjukkan bahwa Anda terserang penyakit cold sores. Anda harus menerapkan krim ini hingga lima kali sehari selama empat sampai lima hari.

Krim antivirus hanya dapat membantu untuk menyembuhkan wabah cold sores. Mereka tidak menyingkirkan virus herpes simpleks atau tidak bisa mencegah wabah cold sores terulang lagi di masa depan.
Tablet antivirus umumnya lebih efektif dibandingkan dengan krim, dan biasanya hanya diresepkan untuk kasus yang lebih parah.

Koyo untuk cold sores
Koyo yang mengandung gel khusus yang disebut hidrokoloid juga tersedia untuk mengobati cold sores. Koyo ini efektif untuk pengobatan luka kulit dan ditempatkan di atas luka cold sores untuk menutupi area luka sementara dalam masa penyembuhan.

Perawatan non-antivirus
Beberapa krim non-antivirus juga tersedia di apotek tanpa perlu resep. Krim ini tidak secara khusus dirancang untuk mengobati cold sores dan tidak akan membantu agar penyembuhan dapat lebih cepat, tetapi mereka dapat membantu meringankan rasa sakit atau iritasi. Tanyakan apoteker Anda untuk merekomendasikan perawatan yang cocok bagi Anda.

Nyeri juga dapat diobati dengan obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen atau parasetamol – keduanya tersedia dalam bentuk cair untuk anak-anak. Namun, jangan mengkonsumsi ibuprofen jika Anda memiliki asma atau bisul perut, atau Anda memiliki riwayat penyakit ini di masa lalu.

Anak-anak di bawah usia 16 tidak boleh diberikan aspirin. Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda sedang mengalami cold sores dan Anda sedang hamil.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.