Efek Samping MS Glow & Kandungan Yang Mungkin Berbahaya

Ms Glow Cantik Skincare adalah salah satu produk skincare yang terdaftar di BPOM sejak trimester terakhir 2016. Tahun ini, 2017, bisa di bilang mereka merupakan salah satu produk paling populer di kalangan para pecinta skincare buatan lokal. Gempa Ms Glow memang belum menyamai Theraskin seperti beberapa waktu lalu. Namun kehadiranya patut diperhatikan. Kenapa? Pertama banyak sekali review yang mengulas produk ms glow cantik skincare, mulai dari paket ms glow acne series, brightening, glowing, hingga paket ultimate. Seperti salah satu contohnya produk yang kerap mengundang pertanyaan yaitu Ms Glow Red Jelly yang berwarna merah mencolok, beberapa bilang baunya menyengat yang mengingatkan pada cream kiloan. Bagaimanakah efek samping dari penggunaan produk semacam ini?

Review cream ms glow entah itu bersifat curhat pribadi di sebuah blog atau dibumbui motif jualan sangat mudah ditemui dimana mana. Review berjibun itu juga mengingatkan kita betapa larisnya produk ini. Ia seperti popcorn di bioskop. Murah meriah, sebuah primadona.

Namun apakah semua review tersebut benar, di dasari kepentingan pengetahuan dengan memberi informasi yang akurat atau hanya untuk kepentingan komersial semata?, kami tidak terlalu yakin. Faktanya dibalik semua itu terdapat motif transparan; Ada review ada jualan.

Sejujurya kami memang pernah mereview produk tersebut beberapa bulan lalu. Dan artikel ini dibuat sebagai lanjutan artikel MS Glow kami yang terdahulu. Setelah sekian waktu memakai Ms glow beberapa subjek tester kami mengalami sedikit masalah seperti breakout; iritasi dan ruam merah. Kami pun menilik lagi kenapa hal tersebut terjadi. Dan jalan satu-satunya adalah melihat ulang kandungan MS Glow. Dan ini yang kami temukan.

efek samping ms glow dan parfum

MS Glow terbagi menjadi beberapa paket, mulai dari paket acne series, brightening, glowing hingga ultimate, jika anda mencari efek samping dari penggunaan paket tersebut, maka yang perlu anda cari lebih tepatnya adalah:

  • Pertama mengenali produk mana dulu yang anda pakai apakah itu facial wash, toner, cream siang atau cream malam,
  • Kedua membaca isi kandungan dari produk tersebut. Jika anda mengalami beberapa gejala seperti kulit gatal, perih, iritasi dan kemerahan maka biasanya ada salah satu atau beberapa bahan di dalam kosmetik tersebut yang sebaiknya anda hindari. Tidak semua produk menimbulkan iritasi.

Namun tidak serta merta jika kulit mengalami reaksi terasa agak perih misalnya, maka anda menyimpulkan tidak cocok dan kosmetik tersebut harus dibuang, tidak bisa serta merta seperti itu. Ada beberapa bahan yang pada awalnya kulit tidak kuat namun setelah penggunaan bertahap, pelan pelan, pada akhirnya kulit jadi terbiasa. Hal seperti ini adalah sesuatu yang sangat wajar dan umum. Jika kulit sudah mampu menyesuaikan diri, maka selanjutnya anda akan mendapatkan kulit wajah dambaan setiap insan dibumi, cerah, putih glowing alami.

Ms Glow With Fragrance?
Beberapa produk Ms Glow seperti Face Toner, Brightening Day Cream, Brightening Night Cream, hingga Flawless Red Jelly mempunyai komposisi fragrance di dalamnya. So, it does matter. Ada yang perlu anda ketahui tentang kegunaan parfum dalam sebuah produk yang mungkin dulunya kita anggap lumrah.

Banyak penelitian memperlihatkan bila fragrance adalah penyebab paling umum terjadinya reaksi negatif kulit. Dan itu  bisa berlaku untuk semua jenis kulit, tidak sekedar mereka pengidap kulit sensitif atau redness-prone skin. Dan di pasaran, hampir semua skincare mengandung fragrance. Skincare tanpa fragrance paling pas anda bisa membuatnya dari bahan alami atau membikin pabriknya sendiri.

Anda mungkin berpikir hanya karena kulit tidak menunjukan tanda-tanda aggravated atau tersakiti berarti fragrance dalam kandungan produk skincare itu tidak bermasalah. Anda menganggapnya aman dan layak terus digunakan. Pada kenyataan kulit sangat lihai menyembunyikan perasaanya. Ia sedang menutupi apa yang sebenarnya tengah terjadi dan menampakan dirinya ke depan dengan tenang seakan bicara, ok saya baik-baik saja. Anda tidak bisa melihat kerusakan kecil pada lapisan epidermis kulit akibat fragrance tersebut. Dan saat anda melanjutkan memakai skincare, secara perlahan minor problem ini akan meledak 10 tahun kemudian.

Mari berpikir: sinar matahari adalah salah satu biang kerok masalah kulit kita. Efeknya tidak akan terasa selama 1-2 tahun pada kulit normal. 10 tahun? anda akan menemukan bintik hitam, flek, bekas jerawat tak kunjung pudar, keriput dan melasma. So, it affects on long period. Fragrance seperti halnya alcohol, efeknya bersifat kumulatif. Anda tidak benar-benar merasa sebelum semua gejala diatas tiba. Ibaratnya begini; anda tidak akan tahu jatuhnya mencintai seseorang sebelum ia pergi, tidak ada lagi di tempat terdekat. Itu sama buruknya melihat orang yang anda suka dengan orang lain hanya karena belum punya cukup nyali untuk mengatakanya. Suatu saat perasaan itu muncul, meledak, menyerukan penyeselanmu. Anda mungkin diam karena anda wanita yang kuat, lalu mencoba mengelak. Namun dari balik hati itu, anda ingin Doraemon datang dan membawa pintu ajaibnya.

Mengapa Banyak Produk Mengandung Fragrance?
Ini pertanyaan bagus, dan jawabanya juga gampang: kebanyakan orang senang jika produk skincare mereka berbau enak. Perusahaan kosmetik paham betapa menariknya produk dengan bau yang segar dan bagaimana hal itu akan mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli sebuah produk. Menambahkan fragrance juga menyembunyikan aroma tidak sedap pada skincare yang disimpan dalam waktu lama. Saat anda membeli produk dan membukanya, kandungan produk tersebut mengalami degradasi. Ia terekspos udara juga bakteri yang terbawa lewat jari saat mengolesnya.

Alasan lain adalah banyak kosmetik yang memakai bahan alami kerap mempunyai bau yang buruk tanpa bantuan parfum. Namun sebetulnya ada beberapa metode yang bisa diterapkan untuk menghilangkan bau tidak sedap bahan-bahan natural. Namun metode paling cepat, murah dan tidak ribet memang menambahkan fragrance itu. Dengan kata lain, penggunaan fragrance bisa jadi bukti betapa sebuah produsen kosmetik tidak memiliki mesin yang bagus dan tenaga terampil untuk mengolah sebuah produk. Kalaupun dua hal ini terpenuhi tetapi mereka tetap memasukan fragrance besar kemungkinan mereka hanya ingin atensi calon pembeli dan menutup mata terhadap efek samping fragrace demi keuntungan.

Dapatkah hidung kita mengenalinya?
Sayangnya tidak. Beberapa produk mungkin tidak memiliki aroma kusus tetapi tetap memakai fragrance. Ini dipakai untuk menutupi bau yang mungkin tidak bisa diterima oleh hidung kita. Jadi anda tidak bisa mencium bau harum apapun.

Dan seperti semua produk skincare, basic information ini hanya bisa dilihat pada ingredient label. Tetapi karena melihat label tersebut seperti dalam kelas kimia, cukup sulit buat kebanyakan orang untuk memahaminya. Apalagi buat wanita yang lebih suka berdandan daripada membaca. Lebih sial, wanita yang sering menjadi pelanggan skincare adalah mereka dengan jenis pertama. Sebetulnya, banyak kok kandungan dengan aroma sedap yang tidak mengiritasi, contohnya melon, vanilla, cucumber, aloe vera, almond, mango, coconut, cocoa butter, atau shea butter.

bahaya ms glow

Ms Glow Amankah?
Pertanyaan ini sedikit provokatif. Meragukan Ms Glow tidak aman sama saja dengan membelot dari BPOM selaku pemberi ijin layak edar sebuah produk. Orang berpikir semua produk yang mendapat label BPOM pasti aman sebab BPOM melakukan uji klinis yang ketat sebelum memberikan nomor registrasinya. Kenyataanya, menurut BPOM sendiri pelaku usahalah yang mesti bertanggung jawab penuh terhadap keamanan, mutu dan klaim manfaat kosmetika yang dinotifkasi. Jadi bila suatu saat produk itu berdampak buruk jangan salahkan BPOM. Badan ini hanya menerima berlembar dokumen seperti nama produsen, proses produksi skincare, atau hasil uji lab sebelum memberi verifikasi. Apakah semua dokumen ini tidak dapat dimanipulasi? Hello ini Indonesia dimana orang super jujur jadi barang antik dan masuk museum.

Oke kembali ke Ms Glow, tanpa memberikan prasangka buruk apapun. Kami berusaha memberikan informasi seobjektif yang kami bisa. Dan semua review tentang efek samping ini tidak ada niat untuk menjelekan atau menjatuhkan pihak tertentu. Sebagai penjual kami wajib memberikan info sedetail mungkin, meski kemungkinan bisa berefek pada penjualan kami.

Selain fragrance, sebetulnya terdapat kandungan yang memiliki reputasi kurang baik di dunia farmasi. Dan itu ada di Ms Glow meski tidak pada semua produknya. Yang agak repot ini Ms Glow tidak memberikan detil yang jelas kegunaan masing-masing step (ada 1-4 steps) dan seberapa amankah ia digunakan pada kulit tertentu.
Triethanolamine pada ms glow
Pada Flawless Red Jelly atau Ultimate Night Cream misalnya, terdapat Triethanolamine atau TEA. Ini merupakan senyawa kimia yang dibuat secara sintesis untuk kepentingan komersial dari aminasi etilen dan amonia berwarna kuning muda. TEA dipakai sebagai emulsifier dalam kosmetik berbasis air (aqua). Jadi, hampir bisa dipastikan 40% produk skincare di pasaran mengandung TEA.

ms glow brightening night cream

Menurut Food and Drug Administration (FDA) dan Cosmetic Ingredient Review (CIR), dosis rendah TEA aman di pakai jika tidak terus menerus dan disertai pembilasan di permukaan kulit. Pemakaian dalam jangka lebih lama kadar TEA harus kurang dari 5%. Meski begitu, absorbsi TEA lewat pori-pori kulit dalam jangka panjang dapat beresiko karena senyawa beracun tersebut dapat terakumulasi dalam dosis besar. Ia akan mengiritasi kulit, rambut dan mata serta peradangan. Bahkan TEA dengan dosis tinggi dapat menyebabkan kanker liver dan testikular.

Glycerine yang terdapat pada Acne Night Cream atau Brightening Night Cream juga tidak terlalu jelas disebutkan ia berasal dari tanaman atau hewan. Gliserin dari tanaman tidak akan memiliki efek samping. Sementara gliserin yang berasal dari hewan atau dibuat secara sintetis dapat menyebabkan berbagai macam efek samping seperti iritasi. Collagen dalam gliserin hewan membuat kulit susah bernafas dan mengahambat regenerasi sel secara alami.

Namun Ms Glow Aman Digunakan dengan Pemakaian yang Tepat!!

TEA dalam Ms Glow ini menempati daftar kandungan pada posisi buncit. Apa artinya? pada posisi bawah mengindikasikan bila senyawa ini ada dalam jumlah yang teramat kecil, bisa di toleransi oleh kulit. Anda tidak usah teramat kawatir akan berdampak pada kesehatan bila dipakai secara tepat baik dosisnya ataupun cara pemakaianya. Air itu baik untuk kesehatan, namun minum air dalam jumlah besar bisa lebih mematikan daripada minum bir. Begitu pula dengan fragrance. Anda tidak pernah bisa hidup tanpa parfum. So, take it easy.

Ok mari lanjutkan 🙂

Selanjutnya yaitu penggunaan kandungan TCA yang meningkat dari step ke step. Dalam dunia kecantikan, TCA biasa digunakan untuk peeling wajah. Lebih detail mengenai Peeling Wajah disini. Peeling wajah mempunyai manfaat yang sangat besar terutama untuk wajah berminyak dan berjerawat, karena ia akan membersihkan penumpukan sel kulit mati dan menghilangkan sumbatan komedo hitam dan putih pada pori kulit. Jika sumbatan pori hilang dan bersih otomatis pori akan mengecil, sehingga yang muncul adalah lapisan sel kulit baru yang halus bebas dari flek dan jerawat. Kelebihan TCA yaitu ia mampu digunakan untuk medium deep peeling, jadi problem bekas jerawat dan flek yang agak parah bisa di atasi dengan TCA ini. Namun sayangnya jika dibandingkan dengan bahan peeling lain seperti GA atau SA, TCA ini termasuk zat yang keras untuk kulit, efek sampingnya yaitu kulit bisa terasa perih, kemerah merahan dan terjadi pengelupasan. Meskipun ada reaksi demikian, TCA tidak berbahaya seperti merkuri atau hidroquinone. Semua proses detox MS Glow yang mengandung TCA ini wajar. Proses detox dan purging ini hanya berlangsung sebentar karena berada pada tahap 1. Ini terjadi tidak sampai 2 minggu. Setelah satu bulan memakai MS glow kulit wajah benar-benar akan bersih dan puith.

Dan itulah hal-hal yang dapat kami sampaikan saat anda membeli Ms Glow. Dan kandungan-kandungan yang bisa menimbulkan ketidakcocokan tersebut tidak hanya ada di Ms Glow namun di hampir semua produk kosmetik dan skincare. Dan tidak perlu terlalu phobia, sebab dengan pemakain yang wajar dan tepat, kekurangan dari sebuah produk kosmetik dapat dihindari. Jangan lupa minum cukup air dan olahraga sebab hal itu akan mengeluarkan senyawa-senyawa berbahaya dalam kosmetik yang kebetulan terserap tubuh.

 

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.