Gaya Hidup Sehat Untuk Mencegah Penyakit Herpes

Obat Herpes Zoster & Simplex Genital, Bibir, Mulut & Mata Pada Anak Bayi, Wanita & Pria
Apakah Anda mengkonsumsi obat untuk mencegah kemungkinan terjangkit HSV-1 (herpes wajah) dan HSV-2 (herpes genital), dan untuk dapat mengkontrol sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat melawan virus herpes, maka gaya hidup positif, perubahan pola makan dan menambahkan suplemen serta makanan herbal tertentu dapat mengurangi frekuensi, panjang, dan tingkat keparahan penyakit herpes.

Apakah kita memiliki herpes atau tidak, sistem kekebalan tubuh kita dapat melemah bila kita tidak makan dengan benar, tidak melakukan cukup olahraga atau cukup tidur, sedang terkena racun/polusi lingkungan dan bila kita berada di bawah tekanan yang berlebihan atau stres kronis. Perbedaannya adalah bahwa bila Anda pernah menderita herpes, maka Anda memiliki virus tersebut menetap dalam tubuh , dan apabila sistem kekebalan tubuh lemah maka virus herpes akan menyerang.

Seperti kenyataan hidup, yang satu ini sederhana: ketika sistem kekebalan tubuh melemah, maka semakin besar kemungkinan Anda akan terjangkit penyakit. Meningkatkan kekebalan merupakan tindakan penyeimbangan. Ada hal-hal yang harus dilakukan dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan. Tergantung pada kebiasaan dan kepribadian Anda, beberapa orang dengan mudah melakukan perubahan, sementara bagi yang lainnya merupakan hal yang sulit.

Gaya Hidup Sehat Anti Herpes

1.Diet
Makanan adalah bahan baku untuk perlindungan tubuh – makanan adalah bahan baku yang digunakan oleh sel-sel tubuh kita untuk menjaga setiap fungsi tubuh. Jika tubuh Anda tidak mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan atau nutrisi cepat habis karena stres, maka Anda bisa menjadi kekurangan gizi yang berakibat buruk bagi kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah/menangkis penyakit yang datang.

Beberapa studi menemukan beberapa faktor paling umum penyebab rusaknya kekebalan tubuh. Penyebab tersebut meliputi obesitas, kolesterol tinggi, alkohol dan konsumsi gula yang berlebihan. Gula, telah terbukti mengurangi kemampuan sel darah putih dalam tubuh untuk membunuh mikroorganisme dan virus. Hal ini juga bisa mengganggu kemampuan sel-sel darah putih untuk melawan infeksi. Gula juga menghambat penyerapan vitamin B, nutrisi kunci dalam membantu tubuh mengatasi stres.

2.Racun/Polusi Lingkungan
Melalui makanan, udara, dan air, kita bisa terkena ribuan bahan kimia beracun. Beberapa dari mereka berakhir terakumulasi di jaringan lemak dan merugikan sistem kekebalan tubuh. Karena tubuh selalu berusaha untuk menyeimbangkan kondisi kesehatan, termasuk melakukan detoksifikasi akibat polusi lingkungan, maka kebutuhan tubuh akan nutrisi akan meningkat tinggi dan tidak dapat dipenuhi dengan diet saja. Mengkonsumsi suplemen mungkin diperlukan untuk memberikan vitamin, mineral, dan antioksidan yang diperlukan.

3.Tidur
Tidur dapat mengembalikan dan menyegarkan tubuh dan pikiran. Saat tidur tubuh kita akan melepaskan hormon yang berguna dan ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh ke dalam aliran darah. Hormon-hormon ini sangat penting dalam menyelesaikan proses restoratif tubuh. Bila Anda kurang tidur, itu artinya Anda merampas sistem kekebalan tubuh Anda dari kemampuannya melawan virus dan bakteri.

Saat Anda sakit atau sembuh dari sakit, Anda mungkin perlu lebih dari 8 jam. 10, 12, atau bahkan sampai memerlukan 14 jam tidur untuk memperbaiki tubuh dan mengembalikan energi. Tidur yang paling restoratif terjadi saat Anda mendapat kesempatan untuk beristirahat dan meremajakan dirinya sendiri. Bagi kebanyakan orang proses ini dimulai pada 23:00 dan berlangsung selama empat sampai lima jam.

4.Stres
Pemicu paling umum dari orang yang terjangkit herpes adalah stres. Paling sering adalah stres mental, tetapi stres fisik, paparan sinar matahari yang berlebihan atau olah raga berlebihan bisa menjadi faktor juga. Stres menyebabkan perubahan kimia internal pada tubuh kita dan perubahan ini paling sering mempengaruhi fungsi sistem kekebalan tubuh. Ketika kita berada dalam kondisi stres, maka tubuh akan menghasilkan lebih banyak hormone stres: adrenalin dan kortison – kedua hormon ini, ketika terus-menerus diproduksi maka akan menekan system kekebalan tubuh.

Jadi, selain menyeimbangkan diet, Anda juga harus berusaha untuk keseimbangan di bagian lain dari hidup Anda. Banyak orang yang telah menemukan cara paling efektif dalam mendukung sistem kekebalan tubuh dan menenangkan sistem saraf yaitu praktik kuno meditasi dan yoga. Keduanya benar-benar memberikan manfaat menakjubkan yang mendukung sistem kekebalan tubuh dengan mengurangi efek stres; dan memberikan perasaan tentram serta ketenangan; karena dapat mengurangi pikiran dan perasaan negatif yang mempengaruhi sistem saraf simpatik.

Sangat penting untuk diingat bahwa manfaat dari yoga dan meditasi bersifat kumulatif. Ini bukan berapa lama Anda berlatih, tapi seberapa sering. Berlatih setiap hari dapat membuat perbedaan yang sangat besar dalam bagaimana Anda merasa baik secara fisik dan mental.

5.Olahraga
Untuk mengurangi stres dan membangun kekebalan, tidak ada yang dapat mengalahkan olah raga. Penelitian telah menunjukkan bahwa hanya dengan 30 menit latihan aerobik teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Olahraga yang terlalu berat seringkali justru memberikan efek yang buruk pada kekebalan tubuh atau memberikan efek sebaliknya: bukannya membangun meningkatkan imunitas, tapi justru menurunkannya. Jika hidup Anda sibuk, jangan menambahkannya dengan olah raga yang berat. Sebaliknya, lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, melakukan beberapa pose yoga, dan atau olah raga tai chi. Olahraga ringan secara teratur memungkinkan Anda untuk melepaskan beban organ internal dan menjadikan tidur lebih nyenyak. **

6.Sikap
Jika Anda akan berurusan dengan kondisi kronis seperti herpes, Anda tidak dapat hidup dengan sikap negatif.
Bagaimana Anda melihat kehidupan dan bagaimana Anda menyikapinya itu penting. Pikiran negatif dan perasaan marah akan membuat Anda stres. Stres kronis akan menguasai tubuh Anda dan merusak fungsi kekebalan tubuh.

Salah satu cara terbaik untuk mengelola stres adalah dengan menjaga rasa humor dan perspektif. Menyeimbangkan pandangan positif dengan dosis yang sehat. Pilihlah untuk menjadi orang yang optimis daripada pesimis.
Juga, carilah panutan. Pilihlah orang yang Anda kagumi: mereka orang-orang yang, terlepas dari kesulitan mereka, berhasil bertahan dan melakukannya dengan senyum.

7.Menghargai anugerah yang telah diterima
Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menemukan aspek-aspek positif dari kehidupan Anda, terutama bila terjadi hal-hal buruk yang menimpa hidup Anda. Cobalah untuk melihat gelas setengah penuh bukan setengah kosong, sehingga Anda dapat menghargai aspek bahagia dalam hidup dan Anda akan lebih bahagia untuk itu.
Dalam kehidupan nyata Anda akan selalu menemukan seseorang yang tampaknya lebh beruntung dari Anda, tetapi Anda juga akan menemukan orang lain yang lebih buruk keadaannya dari Anda. Rahasia nyata untuk menjadi bahagia adalah bersyukur dengan keadaan diri dan apa yang Anda miliki.

10.Hidup sederhana saja
Ketika hidup kita bebas dari komplikasi seperti terlalu banyak harta, hubungan yang buruk, dan jadwal yang sibuk, kesehatan fisik yang baik dan kesejahteraan secara alami mengikuti. Alasannya sederhana: ketika kita benar-benar memahami apa yang kita nilai dalam kehidupan kita, kita kemudian menetapkan prioritas. Bila kita bisa melakukan kedua hal ini, maka stress akan berkurang dalam hidup kita.

11.Jadilah orang yang baik kepada diri Anda dan orang lain
Hal ini akan menjadikan Anda dan hidup Anda lebih mudah dan lebih bahagia. Bertanggung jawab atas kesehatan Anda dan memiliki tujuan hidup bagi Anda sendiri dan orang lain. Biasanya, penyakit herpes, seperti juga penyakit yang paling ringan lainnya, mungkin merupakan indikasi bahwa Anda telah mengabaikan diri sendiri dalam beberapa hal. Jika itu benar, maka saatnya untuk membuat beberapa perubahan. Virus herpes dapat menjadi gangguan seumur hidup, tetapi jika Anda menciptakan lingkungan yang sehat dan seimbang dalam pikiran dan tubuh Anda, maka bukan hal yang tidak mungkin, tidak akan ada tempat untuk herpes untuk mengambil alih dan menang.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.