Tanda-Tanda Gejala Penyakit Herpes Pada Bibir & Mulut (HERPES SIMPLEX)

Penyebab | Gejala | Pengobatan | Pencegahan | kembali ke klasifikasi
Obat Herpes Zoster & Simplex Genital, Bibir, Mulut & Mata Pada Anak Bayi, Wanita & Pria
Gejala herpes pada bibir dan mulut (herpes labialis)
Biasanya Anda tidak mengalami gejala saat pertama kali terinfeksi dengan virus herpes simpleks (infeksi primer).
Herpes labialis dapat terjadi beberapa waktu kemudian dan akan terus datang kembali (infeksi berulang). Namun, jika infeksi primer tidak menyebabkan gejala, maka bila akhirnya benar-benar muncul akan bisa sangat parah.

  • Anda mungkin tidak mengalami gejala, atau hanya yang sepele. Misalnya, mungkin Anda tidak menyadari adanya bagian/area kecil di lidah yang merupakan tanda bahwa Anda sedang terjangkit herpes labialis.
  • Anda mungkin mengalami infeksi yang lebih parah di dalam dan di sekitar mulut.
    – Lepuh kecil atau borok dapat berkembang di mulut, lidah, gusi, bibir, atau tenggorokan. Kondisi-kondisi ini disebut gingivostomatitis. Kadang hanya ada beberapa lecet akan tetapi kadang-kadang juga banyak.
    – Lepuh dan bisul yang menyakitkan. Menelan atau makan dapat menjadi sangat menyakitkan. Rasa sakit dapat menyebabkan Anda memiliki air liur di mulut yang berlebihan, dan pada anak-anak air liur sampai menetes keluar.
    – Kelenjar di leher Anda mungkin membengkak dan menjadi lembek.
    – Anda akan mengalami suhu tinggi (demam)dan rasa nyeri.
    – Infeksi secara bertahap mereda dan hilang dalam waktu 1-3 minggu.

Infeksi primer Herpes simplex virus

gejala herpes labialis simplex pada bibir mulut

Pada anak-anak
Gejala infeksi primer yang paling mungkin terjadi pada anak-anak dibawah usia lima tahun, adalah sebagai berikut:
• bengkak dan iritasi kecil pada gusi, luka yang menyakitkan di dalam dan sekitar mulut – ini dikenal sebagai herpes simpleks gingivostomatitis
• sakit tenggorokan dan kelenjar membengkak
• produksi air liur lebih banyak dari biasanya
• suhu tinggi (demam) sekitar 38°C (100.4°F) atau di atasnya
• dehidrasi
• perasaan sakit (mual)
• sakit kepala

Herpes simpleks gingivostomatitis biasanya menyerang anak-anak, tetapi orang dewasa juga bisa mengalaminya. Penyakit ini dapat berlangsung 7 sampai 14 hari, dan memerlukan waktu hingga tiga minggu untuk menyembuhkan lukanya. Namun, gingivostomatitis biasanya tidak kambuh setelah infeksi primer.

Pada orang dewasa
Virus Herpes simpleks primer jarang menjangkiti orang dewasa, tetapi gejalanya mirip dengan yang dialami oleh anak-anak.
Anda biasanya akan mengalami sakit tenggorokan dengan atau tanpa pembengkakan kelenjar. Anda juga mungkin mengalami bau mulut (halitosis) dan luka menyakitkan di dalam dan sekitar mulut Anda. Ini dapat berkembang menjadi ulkus yang berwarna abu-abu atau kuning.
Jika Anda mengalami virus herpes simpleks pada usia dini, maka akan mungkin di kemudian hari dapat menyebabkan serangan berulang.

Infeksi berulang
Infeksi berulang biasanya berlangsung lebih singat dan tidak separah daripada infeksi primer. Satu-satunya gejala yang muncul adalah munculnya herpes labialis, meskipun Anda mungkin juga akan mengalami kelenjar bengkak.
Penyakit herpes labialis biasanya dimulai dengan rasa kesemutan, gatal atau sensasi terbakar di sekitar mulut Anda. Kemudian akan muncul luka kecil berisi cairan, biasanya di tepi bibir bawah Anda.

Jika Anda sering mengalami infeksi berulang maka Anda bisa mengalami luka herpes labialis luka dingin di tempat yang sama setiap waktu. Mereka dapat tumbuh dan menyebabkan iritasi dan rasa sakit. Awalnya, mereka mungkin berupa luka yang ada cairannya sebelum menjadi pengerasan kulit atau scabbing dalam waktu 48 jam sejak awal sensasi kesemutan dirasakan.

Jika penyakit herpes labialis sangat merepotkan, maka untuk mengatasinya Anda bisa minum tablet antiviral disebut acyclovir secara teratur, setiap hari selama beberapa bulan. Obat ini biasanya hanya direkomendasikan jika penyakit ini menyebabkan banyak masalah, dan mereka mungkin datang kembali ketika pengobatan dihentikan.

Kebanyakan herpes labialis menghilang dalam waktu 7 sampai 10 hari tanpa pengobatan dan biasanya sembuh tanpa bekas luka.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.