Gejala Herpes Zoster

Penyebab | Gejala | Pengobatan | Pencegahan | kembali ke klasifikasi

Obat Herpes Zoster & Simplex Genital, Bibir, Mulut & Mata Pada Anak Bayi, Wanita & Pria
Periode penyakit herpes zoster biasanya berlangsung sekitar dua sampai empat minggu. Gejala utamanya adalah nyeri, diikuti oleh ruam.
Setiap bagian dari tubuh Anda dapat dipengaruhi, termasuk wajah dan mata, meskipun dada dan perut adalah daerah dimana herpes zoster yang paling umum berkembang.

titik serang herpes zoster

Gejala awal herpes zoster
Dalam beberapa kasus, herpes zoster dapat menyebabkan beberapa gejala awal (prodromal) yang berkembang beberapa hari sebelum ruam yang menyakitkan pertama kali muncul. Gejala-gejala awal bisa termasuk:
•    sakit kepala
•    rasa terbakar, kesemutan, mati rasa atau gatal pada kulit di daerah yang terkena
•    perasaan kurang sehat
•    suhu tubuh tinggi (demam)
Tidak semua orang akan mengalami gejala-gejala prodromal. Suhu tinggi sangat jarang dialami.

Rasa sakit
Kebanyakan orang yang menderita herpes zoster  mengalami  rasa sakit di daerah yang terkena.
Rasa sakit kemudian dapat terjadi secara konstan, kulit terasa terbakar dan intensitasnya dapat bervariasi dari ringan sampai berat. Anda mungkin akan mengalami rasa sakit yang menusuk tajam dari waktu ke waktu, dan daerah kulit yang terkena biasanya akan menjadi lembek.
Rasa sakit atau nyeri biasanya tidak umum terjadi pada orang muda yang sehat dan juga jarang terjadi pada anak-anak. Rasa nyeri ini biasanya dimulai beberapa hari sebelum ruam muncul dan dapat terjadi selama beberapa hari atau minggu setelah ruam sembuh.

Ruam
Ruam herpes zoster biasanya muncul pada salah satu sisi tubuh Anda dan berkembang ke daerah kulit yang berhubungan dengan saraf yang terkena.
Awalnya, ruam herpes zoster muncul sebagai bercak-bercak merah pada kulit Anda sebelum berkembang menjadi kulit yang melepuh  dan gatal serupa dengan cacar.
Kulit melepuh baru mungkin akan muncul sampai seminggu, tapi beberapa hari setelah muncul mereka akan menjadi kekuningan, merata dan kering.
Koreng kemudian akan terbentuk, yang mungkin akan meninggalkan sedikit jaringan parut setelah sembuh. Biasanya diperlukan waktu dua sampai empat minggu untuk ruam bisa sembuh sepenuhnya.

Kapan harus mencari bantuan medis
Herpes zoster biasanya tidak serius, tetapi Anda tetap harus memeriksakan diri ke dokter sesegera mungkin jika Anda mengalami gejala-gejalanya. Pengobatan dini dapat membantu mengurangi keparahan gejala dan risiko komplikasi untuk berkembang.
Anda juga harus memeriksakan diri dokter jika Anda sedang hamil atau memiliki sistem kekebalan yang lemah (sistem pertahanan alami tubuh) dan belum pernah menderita cacar air atau herpes zoster  sebelumnya.
Ruam herpes zoster biasanya mempengaruhi area tertentu di salah satu sisi tubuh.

Herpes zoster ophthalmic
Beberapa kasus herpes zoster dapat mempengaruhi salah satu mata dan dikenal sebagai herpes zoster ophthalmic. Hal ini terjadi ketika virus dalam saraf trigeminal, saraf yang mengontrol sensasi dan gerakan di wajah Anda di hidupkan kembali.

Gejalanya bisa berupa:

  • Ruam di dahi, hidung dan sekitar mata
  • Konjungtivitis – radang mata yang menyebabkan mata menjadi merah dan berair dan ada lapisan lengket di bulu mata
  • Mata merah
  • Masalah dengan penglihatan Anda
Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.