Manfaat Glutathione

Glutathione adalah zat antioksidan yang merupakan sebuah tripeptide protein yang mengandung tiga asam amino utama, yaitu L-Glutamic Acid, L-Cysteine dan L-Glycine yang secara alami sudah ada di seluruh sel tubuh manusia. Sampai saat ini, para ahli belum dapat menemukan senyawa lain yang mampu menandingi kinerja zat anti oksidan ini.

Manfaat Glutathione

Bagaimana jika glutathione berkurang?

Dengan bertambahnya usia, produksi zat anti oksidan dalam tubuh semakin menurun. Oleh sebab itu, semakin bertambah usia, akan semakin banyak ditemukan berbagai masalah kesehatan akibat pengaruh zat radikal bebas dan paparan polutan. Berbagai masalah kesehatan akibat terpapar zat radikal bebas antara lain adalah penuaan dini, katarak, penyakit jantung, jerawat, pigmentasi kulit, alergi, kanker, sakit liver, diabetes, hipertensi, hepatitis dan lain-lain.

Jika tubuh terpapar zat yang bersifat merusak dan terus menerus, sementara sel-sel dalam tubuh kekurangan antioksidan, maka sel-sel tubuh tidak akan mampu lagi untuk menangkal zat yang merusak tersebut. Jika hal ini terjadi maka tubuh mudah terserang penyakit yang bersifat degeneratif seperti kanker, diabetes, stroke dan lain-lain. Sementara itu yang akan terjadi pada kulit adalah rusaknya struktur sel kulit, sehingga kulit mudah berkeriput dan terjadi penuaan dini (kulit terlihat lebih tua dari yang seharusnya).

Manfaat Glutathione bagi kesehatan tidak perlu lagi diragukan. Manfaat zat ini antara lain adalah:

  • Memelihara sistem kekebalan tubuh karena zat ini berfungsi dalam pembentukan limfosit
  • Detoksifikasi atau menetralisir berbagai macam racun dalam tubuh
  • Menetralisir efek samping obat-obatan seperti aspirin, ibuprophen dan acetaminophen, lain-lain
  • Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan antioksidannya yang tinggi dapat menangkal efek radikal bebas yang merupakan penyebab jerawat, flek hitam, kulit kusam dan keriput. Kandungan kolagen yang juga terdapat di dalamnya dapat memberi efek yang baik untuk memelihara kekenyalan dan kelembaban kulit
  • Merangsang pembentukan sel-sel baru.

Para ahli menganjurkan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang dikenal dapat merangsang dan mempertahankan produksi hormon ini di dalam tubuh. Makanan yang dimaksud antara lain adalah alpukat, kembang kol, taoge, asparagus, brokoli, bayam, telur, daging, bawang putih dan kunyit. Bahan-bahan makanan ini terbukti mampu meningkatkan kadar zat induk dari semua antioksidan ini. Untuk hasil yang maksimal maka sangat dianjurkan untuk menkonsumsi bahan-bahan makanan tersebut secara konsisten.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.