Upaya Pencegahan Herpes Genital

Penyebab | Gejala | Pengobatan | Pencegahan | Kembali ke klasifikasi

Obat Herpes Zoster & Simplex Genital, Bibir, Mulut & Mata Pada Anak Bayi, Wanita & Pria

Bolehkah saya berhubungan seks jika saya menderita herpes genital?

Virus herpes simpleks sangat menular bila ada luka terbuka atau lecet. Maka kemungkinannya tinggi untuk tertular virus ini jika Anda berhubungan seks.

Jika Anda menderita herpes genital, maka sebaiknya Anda menghindari berhubungan seks (vagina, anal dan oral) sampai setiap lecet atau borok (luka terbuka) di sekitar daerah genital Anda telah dibersihkan. Hal terbaik untuk dilakukan adalah tidak berhubungan seks jika Anda memiliki gejala herpes genital karena pada titik ini kondisinya sangat menular, bahkan saat anda merasa ada rasa menggelitik atau gatal di daerah genital.

Pencegahan Herpes Genital

Jika Anda berhubungan seks, menggunakan kondom mungkin tidak sepenuhnya akan melindungi Anda untuk menularkan virus, sebab kondom hanya melindungi daerah yang tertutup. Anda juga harus menghindari berciuman dengan pasangan Anda jika salah satu dari Anda memiliki cold sore (herpes mulut) di sekitar mulut Anda.

Bila Anda tidak memiliki gejala (ini kondisi yang biasanya sering terjadi)
Pada periode ini kecil kemungkinan Anda akan menularkan virus saat Anda berhubungan seks. Namun, beberapa virus akan muncul pada permukaan kulit kelamin beberapa waktu, meskipun jarang. Jadi, masih ada kemungkinan kecil bahwa Anda mungkin bisa menularkan virus bila Anda berhubungan seks meskipun Anda tidak memiliki gejalanya.

Cara terbaik adalah dengan mendiskusikan hal-hal tersebut dengan pasangan seksual Anda. Menggunakan kondom setiap kali berhubungan seks diperkirakan bisa mengurangi kesempatan tertular. Namun, dengan menggunakan kondom tidak dapat sepenuhnya menghentikan kemungkinan untuk menularkan virus.

Melakukan pengobatan jangka panjang dengan  obat antivirus untuk mencegah kekambuhan (pengobatan supresif) juga bisa mengurangi risiko menularkan virus. Namun sangat sedikit orang yang perlu melakukan perawatan ini untuk jangka waktu yang sangat lama.

Catatan: Jika pasangan seks Anda juga memiliki virus yang sama maka Anda tidak dapat kembali menginfeksi satu sama lain. Pasangan Anda mungkin terinfeksi tetapi mungkin tidak memiliki gejalanya. Mungkin akan sangat membantu bila Anda mendiskusikan hal-hal tersebut dengan dokter.

Tips Pencegahan Herpes Genital

  • Selalu gunakan kondom
    Selalu gunakan kondom saat berhubungan seksual (vaginal, anal dan oral), bahkan setelah gejala sudah tidak ada lagi. Hal ini sangat penting terutama ketika berhubungan seks dengan pasangan baru.
    Menggunakan kondom memang dapat membantu mencegah herpes genital menyebar, namun kondom hanya menutupi penis. Jika virus juga ada pada atau sekitar anus Anda (area pembukaan di mana limbah padat meninggalkan tubuh), maka virus masih dapat ditularkan melalui kontak seksual.
    Karena HSV dapat bertahan dalam saraf kulit Anda, maka virus masih dapat hadir pada kulit Anda setelah Anda tidak lagi memiliki gejala apapun. Ini berarti masih ada kemungkinan Anda bisa menyebarkannya ke orang lain.
  • Melakukan tes/pemeriksaan untuk pasangan Anda
    Jika Anda memiliki herpes genital, dan pasangan Anda mengalami gejala-gejalanya, maka mereka harus didorong untuk memeriksakan diri ke klinik genitourinary (juga disebut klinik kesehatan seksual) sehingga mereka bisa melakukan tes/pemeriksaan untuk kondisi tersebut.

Bila baru pertama kali terkena herpes genital (infeksi primer) seringkali akan berkembang beberapa waktu setelah terpapar virus, sehingga mereka mungkin tidak menyadari mereka sudah terinfeksi.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.