Pencegahan Herpes Zoster

Penyebab | Gejala | Pengobatan | Pencegahan | kembali ke klasifikasi

Obat Herpes Zoster & Simplex Genital, Bibir, Mulut & Mata Pada Anak Bayi, Wanita & Pria
Apakah herpes zoster menular? Bagaimana Cara Mencegah penularannya?
Anda dapat tertular cacar dari seseorang yang menderita/memiliki herpes zoster jika Anda belum pernah menderita cacar air sebelumnya. Tapi kebanyakan orang dewasa dan anak-anak pernah mengalami cacar air, dan beberapa dari mereka akan kebal terhadap penyakit herpes zoster dan cacar air. Anda tidak bisa tertular herpes zoster dari seseorang yang menderita penyakit herpes zoster.

pencegahan herpes zoster

Ruam herpes zoster dapat menular (sehingga menyebabkan orang lain terkena cacar) sampai semua lepuh (vesikel) sudah menjadi koreng dan kering, dan ini biasanya akan terjadi setelah sekitar 10 sampai 14 hari. Jika lepuh ditutupi dengan perban, maka virus tidak akan tertularkan kepada orang lain. Seseorang akan tertular bila virus ditularkan melalui kontak langsung dengan lepuhan. (Oleh karena itu, jika Anda seorang pekera, Anda dapat kembali bekerja setelah lepuh telah kering, atau bisa bekerja lebih awal jika ruam/lepuh telah ditutup dan Anda sudah merasa cukup baik).

Namun, wanita hamil yang belum pernah menderita cacar air harus menghindari orang-orang dengan herpes zoster. Begitu pula jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh (imunosupresi) yang buruk, Anda harus menghindari orang dengan herpes zoster. (Lihat di bawah untuk daftar orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang buruk.)

Begitu pula sebaliknya, agar tidak berisiko menularkan virus kepada orang lain, Anda tidak boleh berbagi handuk, pergi berenang, atau bermain olahraga yang memungkinkan adanya kontak langsung dengan tubuh orang lain seperti rugby saat Anda memiliki ruam herpes zoster pada tubuh Anda.

Dapatkah herpes zoster dicegah?
Tidak ada satu obat yang dapat dengan pasti mencegah herpes coster, namun vaksin yang disebut Zostavaks dapat mengurangi kesempatan Anda untuk terkena penyakit tersebut.
Jika Anda masih juga terkena herpes zoster setelah vaksin ini, mungkin tingkat keparahannya ringan dan menderitanya waktu yang lebih pendek dari biasanya.
Vaksin ini sekarang secara rutin ditawarkan sebagai injeksi tunggal untuk orang-orang yang berusia 70 tahun. Ada juga program untuk mereka yang berusia 71, 72 78 dan 79.
Jika Anda ingin memiliki vaksin herpes zoster dan Anda tidak memenuhi syarat untuk program vaksinasi gratis, Anda akan perlu mengunjungi sebuah klinik swasta yang mungkin biayanya sekitar £ 100-200.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.