Cara Mudah Mengobati Penyakit Herpes Genital

Penyebab | Gejala | Pengobatan | Pencegahan | Kembali ke klasifikasi

Obat Herpes Zoster & Simplex Genital, Bibir, Mulut & Mata Pada Anak Bayi, Wanita & Pria
Pengobatan untuk herpes genital akan tergantung pada apakah ini infeksi pertama kalinya untuk Anda (infeksi primer) atau gejala yang terus datang kembali (wabah berulang).

Pengobatan penyakit herpes genital

Infeksi primer
Jika Anda mengalami herpes genital untuk pertama kalinya, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Mereka mungkin akan meresepkan tablet antiviral, seperti asiklovir, yang perlu Anda konsumsi/minum lima kali sehari.
Asiklovir bekerja untuk mencegah HSV berkembang biak. Namun, obat tersebut  tidak benar-benar membersihkan virus dari tubuh dan tidak memiliki efek apapun setelah Anda berhenti menggunakannya.
Anda akan perlu mengkonsumsi asiklovir untuk setidaknya lima hari, atau lebih lama jika Anda masih memiliki lepuhan yang baru dan luka terbuka  di daerah genital seperti saat Anda memulai pengobatan.
Asiklovir dapat menyebabkan beberapa efek samping, termasuk nyeri dan sakit kepala.
Obat antivirus lain yang dapat digunakan untuk mengobati herpes genital adalah famsiklovir dan valasiklovir.

Gejala/wabah berulang
Anda harus memeriksakan diri ke dokter jika pernah didiagnosa dengan herpes genital sebelum nya dan mengalaminya berulang.
Jika gejalanya ringan, dokter mungkin menyarankan hal yang dapat Anda lakukan di rumah untuk membantu meringankan gejala-gejala tanpa perlu pengobatan.
Menjaga daerah yang terkena tetap bersih dengan menggunakan air atau air garam akan membantu mencegah lecet atau borok terinfeksi dan dapat mendorong  untuk menyembuhkan lebih cepat. Tindakan ini juga akan menghentikan daerah yang terkena dampak dari saling menempel.
Terapkan kompres es yang dibungkus kain flanel, kantung the dingin atau basah pada luka untuk membantu meringankan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan. Jangan tempelkan es langsung ke kulit.

Oleskan petroleum jelly, seperti Vaseline, atau oleskan krim anestesi (penghilang rasa sakit), seperti 5% lidokain pada lecet atau borok untuk mengurangi rasa sakit ketika Anda buang air.
Minum banyak cairan untuk mencairkan urine Anda. Ini akan membuat rasa sakit berkurang saat buang air kecil. Buang air sambil duduk atau menyiram air di atas alat kelamin Anda juga dapat membantu.
Hindari memakai pakaian ketat karena dapat mengiritasi lepuh dan bisul.
Jika gejala yang lebih parah, Anda dapat diresepkan tablet antiviral (asiklovir), yang Anda akan perlu untuk mengambil lima kali sehari selama lima hari.

Pengobatan episodik
Jika Anda memiliki kurang dari enam wabah herpes genital yang berulang dalam setahun, dokter mungkin akan meresepkan penggunaan asiklovir selama lima hari setiap kali Anda mengalami kesemutan atau mati rasa sebelum gejala dimulai. Hal ini dikenal sebagai pengobatan episodik.

Pengobatan supresif
Jika Anda mengalami wabah herpes genital berulang enam kali dalam setahun, atau jika gejala Anda sangat parah dan menyebabkan Anda tertekan, mungkin Anda perlu menggunakan asiklovir setiap hari sebagai bagian dari pengobatan jangka panjang.

Hal ini dikenal sebagai pengobatan menekan (surpresif) dan bertujuan untuk mencegah wabah berkembang lebih lanjut. Dalam hal ini, kemungkinan Anda akan perlu menggunakan asiklovir dua kali sehari selama enam sampai 12 bulan.

Penting untuk dicatat bahwa sementara pengobatan supresif dapat mengurangi risiko menularkan HSV pada pasangan Anda, bukan berarti pengobatan itu dapat mencegah sama sekali. Dokter Anda mungkin akan mengarahkan Anda untuk menemui dokter spesialis jika Anda prihatin tentang menularkan virus kepada pasangan Anda.

Pengobatan supresif biasanya akan berhenti setelah 12 bulan. Selama penyakit herpes genital sudah jarang terjadi dan ringa, Anda hanya akan perlu menggunakan asiklovir selama lima hari dan hanya bila diperlukan. Episode herpes genital berulang biasanya menjadi kurang sering dan kurang parah setelah sekitar dua tahun.

Pengobatan supresif dapat dimulai kembali jika Anda mengalami gejala/wabah lebih lanjut parah. Dokter Anda mungkin akan merekomendasikan Anda untuk perawatan spesialis jika Anda tetap terus mengali herpes genital mseskipun Anda telah melakukan pengobatan surpresif.

HIV dan herpes genital
Jika Anda mengalami herpes genital berulang, maka Anda juga harus mempertimbangkan untuk melakukan uji/tes HIV. Karena kondisi ini mungkin merupakan tanda dari sistem kekebalan tubuh yang lemah (pertahanan alami tubuh terhadap infeksi dan penyakit), yang mungkin menunjukkan Anda memiliki HIV.

Jika Anda menderita HIV dan herpes genital, maka  Anda akan dirujuk ke dokter spesialis atau rumah sakit.  Karena herpes genital bisa menjadi kondisi yang lebih serius pada orang dengan HIV.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.