Cara Mengobati Virus Herpes Pada Mata

Penyebab | Gejala | Pengobatan | Pencegahan | kembali ke klasifikasi

cara mengobati penyakit herpes pada mata

Apakah obat untuk infeksi mata herpes simpleks?
Pengobatan tergantung pada bagian mana dari mata yang terkena. 
Dokter spesialis mata Anda akan memberikan obat tetes atau salep mata sebelum melakukan prosedur untuk mengikis pergi beberapa sel yang terinfeksi dari permukaan mata Anda. Obat-batan ini akan membuat mata menjadi mati rasa (tetes anestesi sebelum prosedur pengiskisan). Prosedur ini disebut debridement.

Jika bagian paling luar dari lapisan kornea yang terinfeksi – epitel keratitis
Pengobatan dengan salep atau tetes mata anti virus (seperti salep asiklovir atau gansiklovir gel). Obat-obatan ini tidak membunuh virus tetapi menghentikannya dari keparahan berlanjut sampai akhirnya infeksi bisa dihentikan. Anda harus melakukan pengobatan sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Biasanya beberapa kali sehari selama dua minggu. Tujuannya adalah untuk mencegah kerusakan pada bagian lapisan terluar dari mata (kornea).

Jika lapisan yang lebih dalam dari kornea yang terinfeksi – keratitis stroma
Pengobatannya mirip dengan pengobatan untuk masalah keratitis epitel (di atas). Selain salep atau tetes mata antivirus, dokter spesialis Anda dapat menambahkan beberapa tetes mata steroid. Hal ini untuk membantu mengurangi peradangan. Catatan: tetes mata steroid harus digunakan hanya di bawah pengawasan yang ketat dari spesialis mata. Dokter akan meresepkan dosis yang benar dalam hubungannya dengan pengobatan antivirus. Apabila digunakan dengan salah, tetes steroid akan lebih memberikan lebih banyak bahaya daripada kebaikan.

Jika hanya kelopak mata atau lapisan tipis kelopak mata (konjungtiva) yang terinfeksi
Infeksi ini biasanya akan berlangsung selama 1-3 minggu. Tidak ada pengobatan yang mungkin bisa disarankan. Anda mungkin akan terus dipantau, sampai infeksi berhenti, dan dokter akan memeriksa apakah kornea mata Anda tidak terinfeksi.

Catatan: jika Anda menderita infeksi herpes simpleks mata, Anda tidak diperbolehkan memakai lensa kontak sampai 24 jam setelah gejala dan infeksi telah benar-benar pergi.

Dapatkah herpes infeksi mata simpleks kambuh?
Beberapa orang berulang kali mengalami infeksi aktif (recurring). Seperti disebutkan di atas, hal ini bisa terjadi jika virus tersebut aktif dari waktu ke waktu – mirip dengan cold sore. Infeksi berulang bisa terjadi setiap saat antara beberapa minggu hingga bertahun-tahun setelah infeksi pertama aktif.

Setidaknya setengah dari orang-orang yang pernah mengalami satu episode infeksi aktif akan mengalami kekambuhan dalam kurun waktu 10 tahun pertama. Kekambuhan lebih sering terjadi pada beberapa orang dibandingkan yang lainnya.

Jika kekambuhan sering terjadi atau berat, dokter spesialis mata Anda mungkin akan menyarankan agar Anda mengkonsumsi tablet antivirus setiap hari untuk mencegah episode infeksi aktif. Penelitian telah menunjukkan bahwa rata-rata, jumlah rekurensi kira-kira setengahnya pada orang yang mengkonsumsi tablet antivirus untuk pengobatannya.

Beberapa orang mengatakan bahwa episode infeksi herpes aktif dapat dipicu oleh sinar matahari yang kuat. Jadi, memakai kacamata hitam juga dapat membantu mencegah kekambuhan. Hal lainnya yang juga mungkin memicu infeksi adalah di saat kondisi tubuh menurun atau tidak enak badan karena alasan lain. Namun, bukti-bukti untuk ini terbatas. Beberapa wanita menemukan bahwa mereka mengalami kekambuhan sekitar waktu mereka mengalami menstruasi, namun bukti yang mendukung ini sangat terbatas.

Jika kambuh tidak terjadi, seperti dijelaskan di atas. Apa yang mungkin bisa terjadi (prognosis)?

  • Perhatian utama pada infeksi kornea (keratitis) adalah bahwa hal itu dapat menyebabkan parut pada kornea. Dengan adanya jaringan parut, biasanya kornea bisa menjadi seperti kaca buram. Ini kadang-kadang dapat serius mempengaruhi penglihatan.
  • Epitel keratitis cenderung untuk menetap dan pergi dalam beberapa minggu. Pada penyakit ini penglihatan tetap baik meskipun begitu masih sering menyebabkan sedikit jaringan parut, terkadang tidak menyebabkan jaringan parut.
  • Stroma keratitis lebih cenderung mengakibatkan jaringan parut pada kornea dan kehilangan penglihatan.
  • episode infeksi aktif yang berulang dapat mengakibatkan jaringan parut yang buruk.
  • pengobatan yang tepat dengan salep atau tetes mata antivirus akan membantu meminimalkan kerusakan setiap episode infeksi aktif berulang terjadi.

Secara keseluruhan, dari sekitar 9 di 10 mata yang terkena infeksi herpes simpleks – kemampuan penglihatannya masih cukup baik untuk mengemudi. Namun, infeksi mata herpes simpleks parah dan berulang dapat menyebabkan jaringan parut yang serius, dalam beberapa kasus bahkan dapat menyebabkan gangguan penglihatan yang parah. Jika gangguan penglihatannya berat, maka transplantasi kornea mungkin satu-satunya pilihan untuk mengembalikan kemampuan penglihatan.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.