Penyebab Herpes Genital Pada Pria dan Wanita

Penyebab | Gejala | Pengobatan | Pencegahan | Kembali ke klasifikasi

Obat Herpes Zoster & Simplex Genital, Bibir, Mulut & Mata Pada Anak Bayi, Wanita & Pria
Penyebab herpes genital adalah virus herpes simpleks (HSV) .Herpes ini menyebabkan lepuh yang menyakitkan pada alat kelamin dan sekitarnya. Virus ini sangat menular dan menyebar dari satu orang ke orang lain melalui kontak kulit-ke-kulit, seperti saat melakukan sex melalui vagina, sex anal atau oral.
Herpes genital dapat ditularkan kepada orang lain melalui kontak seksual intim, itu sering disebut sebagai infeksi menular seksual (IMS).

Penyebab Herpes Genital

HSV dapat mempengaruhi selaput lendir (lapisan lembab), seperti yang ditemukan di dalam mulut.
Herpes genital adalah kondisi kronis (jangka panjang). Virus akan tetap tinggal dalam tubuh Anda dan dapat menjadi aktif kembali. Tingkat rata-rata kekambuhan adalah empat sampai lima kali dalam dua tahun pertama setelah terinfeksi. Namun, seiring waktu, ia cenderung menjadi lebih jarang aktif dan tingkat ke parahannya akan berkurang.

Ada dua jenis HSV:
• tipe 1 (HSV-1)
• tipe 2 (HSV-2)

Herpes genital bisa disebabkan oleh HSV tipe 1 dan tipe 2 HSV.
Setiap kali HSV ada pada permukaan kulit Anda maka ia dapat diteruskan kepada pasangan. Virus dengan mudah dipindahkan melalui kulit lembab yang melapisi alat kelamin, mulut dan anus Anda.

Dalam beberapa kasus juga terdapat beberapa kemungkinan untuk terinfeksi atau tertular apabila terjadi kontak dengan bagian-bagian lain dari tubuh yang dapat dipengaruhi oleh HSV, seperti mata dan kulit. Misalnya, Anda bisa terkean herpes genital jika Anda melakukan oral seks dengan seseorang yang memiliki cold sore, yaitu penyakit yang ditandai dengan adanya seperti kulit melepuh di sekitar mulut yang juga disebabkan oleh HSV.

Herpes genital biasanya tidak dapat ditularkan melalui benda-benda, seperti handuk, alat cukur atau cangkir karena virus akan mati sangat cepat ketika jauh dari kulit Anda. Namun, Anda dapat terinfeksi dengan berbagi mainan seks dengan seseorang yang memiliki virus tersebut.

Herpes genital sangat mudah ditularkan ketika orang yang terinfeksi memiliki lecet atau luka. Dan bisa cepat ditularkan, bahkan ketika orang tersebut tidak memiliki gejala sama sekali.

Apabila Anda pernah terinfeksi HSV, virus ini bisa aktif lagi dan mennciptakan episode baru dari herpes genital. Hal ini dikenal sebagai kambuh.

Pemicu kambuhnya herpes genital
Belum bisa dipastikan apa penyebab penyakit ini bisa diaktifkan kembali, tapi pemicu tertentu mungkin bertanggung jawab atas mengapa gejala herpes genital dapat berulang.
Misalnya, gesekan pada area genital Anda selama hubungan seksual dapat menyebabkan kekambuhan. Menggunakan pelumas dapat membantu – pelumas ini tersedia dari apotek tanpa perlu resep.

Kemungkinan pemicu lainnya termasuk:

  • sedang tidak enak badan
  • menekankan
  • minum alcohol dalam jumlah berlebihan
  • paparan sinar ultraviolet imitasi berlebihan
  • operasi pada area genital
  • sistem kekebalan (sistem pertahanan alami tubuh) melemah, misalnya, sebagai akibat dari memilikipengobatan kemoterapi (pengobatan untuk kanker)
Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.