6 Penyebab Herpes Pada Bibir & Mulut

Penyebab | Gejala | Pengobatan | Pencegahan | kembali ke klasifikasi
Obat Herpes Zoster & Simplex Genital, Bibir, Mulut & Mata Pada Anak Bayi, Wanita & Pria
Herpes labialis simplex atau herpes pada bibir dan mulut disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). Kebanyakan herpes labialis disebabkan oleh virius herpes simplek tipe 1 (HSV-1). HSV tipe 2 biasanya menyebabkan herpes genital tapi dapat juga menyebabkan herpes labialis meskipun sangat jarang.

6 Penyebab Herpes Pada Bibir & Mulut

Kebanyakan penderita herpes pada bibir dan mulut (herpes labialis) tidak benar-benar yakin apakah mereka terkena penyakit ini saat mereka pertama kali mengalaminya. Hal ini dikarena infeksi HSV-1 biasanya menjangkiti pada awal masa kanak-kanak dan mungkin tidak menampakan tanda-tanda bahwa mereka telah terjangkiti wabah virus ini. Virus menginfeksi melalui bagian kulit yang lembab yang melapisi mulut. Penyakit herpes ini umumnya ditularkan melalui kontak kulit seperti ciuman dengan anggota keluarga yang menderita herpes labialis.

Setelah infeksi pertama, virus mengendap dalam selubung saraf dan menetap di sana selama sisa hidup Anda. Pada kebanyakan kasus, virus tertidur (tidak aktif) dan tidak menyebabkan gejala. Namun, pada beberapa orang virus menjadi aktif dari waktu ke waktu. Ketika diaktifkan, virus akan berkembang biak dan bergerak ke bawah selubung saraf yang kemudian menyebabkan lecet di sekitar mulut dan akhirnya penyakit kan terlihat dan menular.

Beberapa orang mengalami luka dan lecet, sementara beberapa orang lainnya terkadang mengalami luka dan lecet terkadang tidak. Tidak jelas apa yang menyebabkan virus tidak aktif menjadi aktif. Ingat, sakit herpes labialis tidak dipicu oleh hal yang sama pada setiap orang. Tapi ada faktor umum yang dapat menyebabkan virus aktif kembali dan menyebabkan munculnya penyakit herpes labialis berulang, yaitu:

  1. Kelelahan, seperti stres dan sakit. Kelelahan dapat berpengaruh buruk pada sistem kekebalan tubuh Anda, membuat tubuh mudah dijangkiti wabah herpes labialis. Dalam dunia yang sibuk seperti saat ini, tubuh akan menjadi korban dan ini menguntungkan bagi herpes labialis. Jadi cobalah untuk santai. Olahraga. Tidur. Dan memberikan kesempatan bagi sistem kekebalan tubuh Anda untuk berjuang.
  2. Stres, stress dengan emosi. Stres juga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh Anda, memberikan kesempatan bagi herpes labialis untuk meluncurkan serangan kepada tubuh Anda. Lawan dorongan untuk stress dengan menarik napas dalam-dalam dan rileks.
  3. Cuaca dingin. Lindungi diri Anda dari dingin. Kenakan syal atau pakaian turtleneck untuk menghindari paparan cuaca dingin, udara kering dan angin musim dingin yang dapat mengeringkan bibir. Gunakan pelindung bibir untuk memastikan bibir tetap lembab.
  4. Paparan sinar matahari yang berlebihan. Hindari paparan sinar matahari yang menyengat dan berlebihan. Sinar ultraviolet (UV) dari matahari tidak saja dapat merusak kulit Anda, namun paparan sinar matahari juga dapat memicu penyakit herpes labialis. Jadi lindungi diri dengan menggunakan lip balm dengan SPF dan memakai topi bertepi lebar dan menggunakan payung saat berada di luar dan terpapar sinar matahari.
  5. Perubahan hormon. Bagi wanita, perubahan hormon selama siklus menstruasi dapat memicu penyakit ini hadir. Perhatikan siklus hormonal Anda untuk mengelola stres. Dan memberikan diri Anda kesempatan berjuang melawan perubahan emosi atau emosi yang meledak2.
  6. Cedera bibir atau mulut. Trauma pada mulut atau bibir dapat memicu munculnya herpes bibir dan mulut.
Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.