Penyebab Herpes Zoster

Penyebab | Gejala | Pengobatan | Pencegahan | kembali ke klasifikasi

Obat Herpes Zoster & Simplex Genital, Bibir, Mulut & Mata Pada Anak Bayi, Wanita & Pria

Apa itu herpes zoster dan seberapa lazim terjadi?
Penyakit ruam saraf adalah infeksi saraf dan area kulit yang terdapat saraf tubuh. Penyebabnya adalah virus yang disebut virus varicella-zoster. Virus ini adalah virus yang sama yang menyebabkan cacar air. Siapapun yang telah menderita cacar air di masa lalu dapat juga terkena ruam saraf. Penyakit ruam saraf seringkali disebut juga dengan nama “herpes zoster“. (Catatan: herpes zoster sangat berbeda dengan herpes genital yang disebabkan oleh virus yang berbeda yang disebut “herpes simpleks“)

penyebab herpes zoster

Sekitar 1 dari 5 orang pernah mengalami herpes zoster pada suatu saat dalam kehidupan mereka. Penyakit herpes ini dapat terjadi pada semua golongan usia, akan tetapi yang paling sering terjadi adalah pada mereka yang berusia di atas usia 50 tahun. Jarang sekali seseorang mengalami herpes zoster lebih dari sekali, namun ada sekitar 1 dari 50 orang yang mengalami herpes zoster dua kali atau lebih dalam hidup mereka.

Kapan harus memeriksakan diri ke dokter?
Herpes zoster biasanya bukan penyakit serius, akan tetapi Anda harus tetap memeriksakan diri ke dokter sesegera mungkin jika Anda mengalami gejala-gejalanya. Pengobatan dini dapat membantu mengurangi tingkat keparahan dari gejala dan berkembangnya resiko komplikasi.
Anda juga harus segera memeriksakan diri ke dokter jika Anda sedang hamil atau memiliki sistem kekebalan yang lemah (sistem pertahanan alami tubuh) dan Anda terkena belum pernah menderita cacar air atau herpes zoster sebelumnya. Dokter Anda biasanya akan dapat mendiagnosa herpes zoster berdasarkan gejala dan munculnya ruam.

Apa saja penyebab herpes zoster?
Herpes zoster disebabkan oleh reaktivasi virus varicella-zoster, yang merupakan virus yang menyebabkan cacar air.
Setelah Anda memiliki cacar air, virus varicella-zoster akan tertidur (tidak aktif) dalam tubuh Anda. Namun virus ini dapat diaktifkan kembali di kemudian hari dan dapat menyebabkan terjadinya penyakit herpes zoster.
Tidak diketahui secara persis bagaimana virus ini bisa diaktifkan kembali, akan tetapi hal ini terkait dengan menurunnya kekebalan tubuh (perlindungan terhadap infeksi dan penyakit).

Kekebalan terhadap penyakit dan infeksi dapat menjadi turun jika ada masalah dengan sistem kekebalan tubuh Anda (sistem pertahanan alami tubuh). Berikut beberapa penyebab timbulnya herpes zoster yang harus Anda ketahui :

  • Usia tua – seperti usia Anda, kekebalan Anda dapat menurunkan, dan herpes zoster paling sering terjadi pada orang berusia lebih dari 70 tahun
  • Stres fisik dan emosional – bahan kimia yang dikeluarkan oleh tubuh Anda ketika Anda sedang stres dapat mencegah sistem kekebalan tubuh Anda bekerja dengan baik
  • HIV dan AIDS – orang dengan HIV lebih mungkin untuk mendapatkan herpes zoster dari sisa populasi karena sistem kekebalan tubuh mereka lemah
  • Baru saja melakukan transplantasi sumsum tulang – pengkondisian yang butuhkan sebelum transplantasi akan melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda
  • Baru saja melakukan transplantasi organ – Anda mungkin perlu mengkonsumsi obat untuk menekan sistem kekebalan tubuh Anda sehingga tubuh Anda menerima organ yang disumbangkan
  • Kemoterapi – obat kemoterapi, sering digunakan untuk mengobati kanker, dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda

Demikian pembahasan tentang apa itu herpes zoster serta beberapa penyebab herpes zoster yang harus Anda ketahui dan waspadai karena orang-orang muda yang tampak sehat kadang-kadang juga dapat terkena herpes zoster.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.