Perawatan Kulit Sesuai Dengan Jenisnya

Kulit adalah organ tubuh yang terbesar yang menutupi tubuh manusia. Kulit adalah lapisan pelindung yang melindungi kita dari lingkungan luar. Tapi sebagi pelindung, kulitpun membutuhkan perlindungan juga. Ada berbagai macam jenis kulit manusia dan berdasarkan jenis kulit inilah maka perawatan kulit harus disesuaikan:

Kulit Kering dan Kusam
Kulit menjadi kering saat kulit kehilangan lapisan kulit yang bertanggung jawab mengunci/menjaga kelembababan dalam kulit. Sehingga jika saat lapisan ini hilang maka kelembaban kuling akan menguap dan membuat kulit menjadi kering. Tanda-tanda kulit kering adalah bila kulit terlihat seperti pecah-pecah, kulit terlihat memiliki serpihan-serpihan putih, kulit kemerahan, ruam atau terjadi iritasi pada kulit. Munculnya tanda-tanda ini tergantung pada tingkat keparahannya.

Biasanya orang-orang akan menggunakan pelembab kulit/moisturizer untuk mencegah kulit kering saat musim dingin/winter padahal belum tentu pelembab yang digunakan sesuai untuk jenis kulitnya. Tapi ini juga bukan berarti bahwa semua pelembab kulit/moisturizer berbahaya, hanya saja ada beberapa pelembab yang mengandung bahan kimia yang berbahaya, pengawet dan pewangi sintetis yang bukannya membantu kulit menjadi sehat tetapi justru mengakibatkan kondisi kulit yang kering menjadi lebih buruk. Maka diperlukan upaya yang lebih untuk mendapatkan losion yang baik dan tepat. Tetapi jangan khawatir karena ada alternatif lain yang telah digunakan sejak jaman dahulu untuk menjaga kulit tetap lembab dan sehat!

Ada banyak minyak alami yang digunakan untuk perawatan kulit kering seperti misalnya minyak kelapa, minyak zaitun, minyak jojoba, dan beberapa lainnya. Seseorang dengan kulit kering harus mengoleskan bahan alami tersebut untuk menghindari kekeringan kulit dan hilangnya kelembababan kulit. Tetapi banyak orang yang beranggapan bahwa pemberian minyak-minyak semacam itu dapat menyumbat pori, padahal hal ini sebenarnya adalah anggapan yang salah. Minyak alami yang baik bagi kulit tersebut diatas adalah minyak yang sangat mudah diserap oleh tubuh dan tidak mengakibatkan kulit menjadi berminyak. Minyak-minyak alami tadi berfungsi sebagai pelembab bagi tubuh.

Banyak produk-produk bagi kulit kering yang diberi tamban esen pewangi. Produk-produk dengan pewangi ini harus dihindari dan pilihlah losion tanpa pewangi. Minyak almond dan minyak alpukat juga sangat baik untuk kulit kering. Mereka bekerja memperbaiki kulit kering dan kusam dengan sangat baik.

Kulit Berminyak
Minyak yang berlebihan yang di produksi oleh tubuh manusia yang diakibatkan oleh beberapa penyebab, umumnya sering terlihat pada area wajah, sekitar hidung atau dagu. Ditandai dengan kulit tampak mengkilap dan kemudian semakin buruk kemudian timbulah masalah jerawat. Kondisi itu sudah cukup parah dan semakin diperparah dengan munculnya noda-noda pada wajah, dan komedo. Penggunaan sabun mandi untuk mencuci wajah akan menjadikan kondisi kulit menjadi bertambah buruk. Yang dibutuhkan oleh kulit berminyak adalah facial cleanser oil yang dioleskan dua kali sehari untuk menjaga kondisi kulit tetap baik. Bahan asam (acid) dapat mengurangi jumlah minyak berlebih pada kulit wajah.

Facial Cleanser yang baik harus mengandung bahan acid seperti misalnya salicylic acid. Seseorang boleh mencoba beberapa produk facial cleanser oil sebelum memutuskan produk mana yang laing cocok baginya. Juga penting untuk diperhatikan untuk jangan pernah menggosok kulit keras-keras karena ingin menghilangkan minyak karena hal ini justru memicu tubuh bagian wajah memproduksi lebih banyak minyak. Sebaiknya pijat bagian wajah dengan oil facial cleanser dan bilaslah dengan air hangat.

Kulit Sensitif
Kulit sensitif membutuhkan perawatan ekstra karena kulit sensitif adalah jenis kulit yang tidak tahan terhadap paparan sinar matahari, kosmetika, parfum, dan lain sebagainya.

Cara merawat jenis kulit sensitif agar tetap aman dan menawan adalah sebagai berikut:
Pilih produk kosmetik hypoallergenic
Jenis produk kosmetik hypoallergic adalah salah satu jenis kosmetik yang aman dan tidak menimbulkan reaksi alergi pada jenis kulit sensitif. Apapun jenis kosmetik yang kita pili dan gunakan apakah itu bedak, eyeshadow, parfum, atau foundation sebaiknya pilihlah yang hypoallergenic.
Langkah bijak sebelum membeli produk kosmetik adalah denganmencobanya dengan tester pada punggung tangan atau pergelangan tangan. Bila kita memiliki jenis kulit yang sensitif maka kita tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengetahuinya karena biasanya jenis kulit yang sensitif langsung bereaksi apabila ada reaksi alergi dan akan menunjukkan reaksi panas, gatal-gatal atau kemerahan.

Hindari menggunakan produk antibakteri
Produk antibakteri memang dapat digunakan untuk mengusir bakteri jahat akan tetapi bagi pemilik kulit sensitif tidak dianjurkan untuk menggunakan sabun dengan antibacaterial agents. Karena kandungan EDTA dan triclosan yang terdapat di dalam sabun antibakteri bisa membuat kulit menjadi kering, yang mengakibatkan kulit jadi mudah terkelupas dan gatal-gatal. Untuk mengatasi hal ini, kita dapat menggunakan sabun khusus untuk jenis kulit sensitif. Yang terbaik adalah sabun khusus yang banyak mengandung pelembab.

Gunakan sun protection
Jenis kulit sensitif tidak tahan terhadap sinar matahari. Apabila sering terkena sinar matahari secara langsung, biasanya kulit sensitif akan menjadi kering, merah-merah dan menjadi mudah mengelupas. Oleh sebab itu pada saat beraktivitas atau bepergian ke luar ruangan sebaiknya selalu menggunakan sun protection. Begitupula juga saat sedang beraktivitas di dalam ruangan sebaiknya tetap menggunakan sun protection karena untuk mengantisipasi bila ternyata ada paparan sinar matahari yang masuk lewat jendela atau kisi-kisi ruangan. Tidak perlu terlalu khawatir, karena kita masih bisa memutihkan kulit dan merawat kulit sensitif dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tepat.

Selamat mencoba!

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.