Perawatan Wajah Pria: Pemutih, Pelembab dan Cara Terbaik Memulainya

Perawatan wajah pria bukanlah subjek yang teramat populer 20 tahun lalu, namun hal itu perlahan berubah. Sejumlah pria mulai tertarik untuk merawat kulit mereka, setidaknya untuk menghilangkan jerawat, bekas jerawat atau lebih jauh lagi, pemutih dan mengencangkan wajah. Ini bagus, sebab seorang pria setidaknya tampil baik dihadapan wanita dan teman kerja mereka. Tren ini tampaknya jauh meningkatkan saat negara Korea menyerang, mungkin bukan dengan K-Pop tapi smartphone. Selfie saat ini menjadi penting. Tempat wisata banyak dibuat, kafe didirikan dengan konsep yang jauh berbeda dari hanya sekedar tempat ngopi. Semua hal ini ada untuk memenuhi hasrat bawaan manusia mengagumi diri sendiri, narsis. Jadi, narsis, selfie, smartphone dan media sosial adalah alasan paling tepat kenapa produsen membidik konsumen pria. Mereka paham tidak semua pria bisa menjadi Tarzan.

Produk Perawatan Wajah Pria

Kulit Pria Berbeda dengan Wanita

Tekstur kulit pria lebih keras dan 25% lebih tebal dibandingkan wanita. Hormon testosteron bertanggung jawab pada kasus tersebut. Selain itu, pria memiliki folikel rambut dan kelenjar minyak yang lebih banyak. Jadi jika kulit pria berminyak itu wajar. Setelah pubertas, produksi sebum pada pria akan lebih banyak. Hal ini berkaitan dengan sekresi androgen. Hasilnya, kulit wajah pria akan cenderung lebih gampang berjerawat daripada wanita. Seorang pria mengalami kemungkinan berjerawat hingga 98%, jauh lebih tinggi dari wanita yang hanya berada pada angka 83-85%. Tuhan memang adil. Tuhan paham jika wanita kerap dihinggapi krisis kepercayaan, terutama pada persoalan penampilan mereka.

Para lelaki tak perlu terlalu risau pada masalah jerawat ini. Keep calm. Jangan sekali-kali memencet jerawat anda sebab ia akan bertambah parah. Saat menekan jerawat, bakteri yang keluar akan menginfeksi bagian kulit lain. Belum lagi jika tangan anda kotor, infeksi justru meraja lela. Flek hitam bekas jerawat bakal bertambah luas. Terapkan strategi sederhana, rawat wajah anda dengan facial wash yang mengandung Benzoic Acid atau bisa juga Green Tea. Jangan gunakan bahan alami seperti madu, lemon, atau tomat, sebab tidak terlalu berguna. Bila ingin alami gunakan Melia Propolis. Propolis merupakan zat anti inflamasi terbaik. Satu lagi, anda jangan minder apalagi stress saat mendapat jerawat. Ya meskipun ia  muncul benar-benar pada waktu yang tidak tepat seperti saat hendak nembak gebetan atau melamar kerja. Dan jika saja masih minder mungkin anda salah tempat, anda wanita yang secara tidak sengaja terjebak di tubuh pria. Apa mungkin? Kami tidak tahu yang kami mengerti Tuhan tidak pernah salah. Bila anda memutuskan menjadi banci, waria, atau apapun itu, kulit anda tetap kulit pria. Jangan gunakan perawatan wajah wanita.

Perawatan wajah wanita lebih ribet daripada pria, sebab mereka memiliki kulit yang lebih tipis, lebih sensitif terhadap kosmetik. Tetapi sesederhana apapun itu para pria harus memperhatikan perawatan wajah dan tubuh anda. Setiap hari.

Mengapa Pria Butuh Daily Skincare Routine?

Merawat kulit sehat dan tampak kenyal berarti anda akan terlihat tampan maksimal, ganteng permanen. Beberapa penelitian menunjukan penampilan jadi faktor utama anda bisa mendapatkan wanita atau tidak. Lebih jauh lagi ia poin penting untuk melamar pekerjaan. Tidak ada Teller Bank dengan kulit kusam dan jerawat beruntus dimana-mana, kecuali anda anak atau pria simpanan pimpinan cabang.

Selain untuk selfie dan dua alasan diatas, kulit yang bersih bebas jerawat akan memudahkan anda dalam mencukur kumis atau jenggot. Pisau cukur akan lewat sela-sela dagu dengan mudah tanpa mengenai jerawat. Yang perlu diingat bercukur secara teratur bisa membuat lapisan epidermis terkelupas. Hal ini menyebabkan iritasi, jadi pria juga membutuhkan sabun khusus untuk muka. Bahkan, pendapat ini dikuatkan oleh dermatologist ternama, Dr Brian Zelickson, jika mencukur dan kegiatan di luar rumah terpapar sinar matahari atau radikal bebas kendaraan bermotor membuat risiko kanker kulit pada pria lebih tinggi dibanding wanita. Oleh sebab itu, pria butuh pelindung wajah kusus untuk aktifitas padat mereka.

Menjadi persoalan ketika menjumpai produk-produk kusus pria berisi komposisi yang membuat kulit kering. Kami banyak melihat jika kandungan produk perawatan tersebut menyakiti kulit misalnya saja, fragrance, menthol, peppermint, witch hazel, eucalyptus atau denatured alcohol. Oleh sebab itu pilihlah produk yang benar-benar tepat untuk merawat wajah anda.

Produk Pria yang Tepat Investasi untuk Kulit Lebih Sehat

Meskipun secara umum produk yang beredar di pasaran sering mengecewakan. Kami telah meneliti ada beberapa produk beserta step-step yang bisa anda aplikasikan untuk tiap harinya.

1. Gunakan facial wash pada pagi dan malam hari. Produk seperti Natasha Men’s Facial Wash sangat cocok. Ia akan membersihkan wajah anda dari kelebihan minyak. Wajah akan terasa fresh dan clean, tidak tebal atau kering. Kami menyarankan untuk dua kali saja menggunakan facial wash atau sabun wajah. Terlalu sering mencuci wajah berpotensi membuat kulit iritasi dan kering. Ini disebabkan sabun atau pembersih tidak hanya menghilangkan minyak dan keringat, namun juga menghilangkan lipid dalam kulit.

2. Selesai mandi bisa pakai Natasha Men’s Balancing Skin Toner Untuk menjaga pH wajah juga membebaskanya dari bakteri dan penyumbatan pori-pori.

3. Moisturizer atau pelembab Natasha Men’s Hydrating Complex Serum bisa anda aplikasikan setelah membersihkan wajah, di pagi hari setelah bangun tidur dan juga malam hari tepat sebelum tidur. Ia merupakan cream paling berguna untuk mengencangkan kulit wajah. Sebab moisturizer mampu mempercepat regenerasi sel kulit anda sehingga elastisitasnya tetap terjaga. Sifat pelembab yang baik adalah dapat melembabkan, menjaga kulit tetap lembut dan halus, melindungi kulit, mudah digunakan dan mudah dicuci. Pelembab wajah pria sebetulnya tidak mempunyai kandungan yang jauh berbeda dari pelembab pada umumnya. Sebaiknya pilih pelembab yang oil-free dan mengandung bahan yang membuat kulit mampu menyimpan air lebih banyak seperti niacinamide, hyaluronic acid atau dimethicone karena bahan ini terasa ringan di wajah. Beberapa subtansi seperti mineral oil, petroleum, dan petrolatum sebaiknya dihindari.

4. Cream pemutih. Ini bersifat opsional, jika anda mempunyai flek hitam bekas jerawat atau melasma bisa memakai cream kusus pemutih kulit wajah pria. Sebetulnya beberapa sabun wajah juga ada yang dilengkapi dengan zat pemutih. Namun ia kurang efektif. Reaksi lebih cepat memang harus menggunakan cream. Walau sejujurnya agak sedikit aneh bila seorang pria getol mencari cream pemutih. Pikiran kami sudah menjurus pada yang iya-iya, ya mungkin dia waria, ya bisa jadi homo. Kalau mau putih maksimal, pakai topeng biar keren. Seperti tokoh di V for Vendetta.

Dan ingat baik-baik, jangan mencari cream pemutih wajah pria di apotik. Pesan ini terpaksa kami sampaikan sebab banyak pelanggan kami bertanya apa cream pemutih wajah pria ini dijual di apotik. Mohon maaf tidak ada. Kusus pria, apotik hanya menjual obat kejantanan serta sedikit alat kontrasepsi. Dan apabila anda ingin pemutih wajah yang permanen bisa menambahkan serum dengan kandungan vitamin C. Ini kusus bagi pria berkulit hitam yang tidak mau menerima kodratnya. Pastikan juga cream pemutih wajah tersebut memiliki kandungan yang aman seperti arbutin, azelaic acid, kojic acid, atau niacinamide.

5. Sunblock dengan SPF 30 atau lebih seperti Natasha Men’s Sunscreen Gel Cream dapat anda gunakan jika terpaksa keluar kantor dan berhadapan face to face dengan matahari saat pukul 10 pagi sampai 2 siang. Paparan sinar matahari dapat membuat kulit anda kusam, jerawat tambah parah hingga berflek hitam. Selain itu sunscreen ini bisa berfungsi sebagai pelembab saat sinar matahari mengeringkan wajah anda.

Itulah produk-produk dan tips merawat wajah untuk para pria. Mudah bukan?, menjadi seorang pria memang tidak usah terlalu repot mengurus wajah. Tidak perlu biaya mahal untuk ke klinik ketampanan yang menawarkan hasil perawatan sempurna layaknya kulit orang Korea atau Jepang. Kalau anda orang pribumi, Indonesia asli, berhenti bermimpi seperti itu, kita tidak sedang berada dalam film Turtles Can Fly. Beda lagi jika orang tua anda impor dari China, masih bisalah sedikit banyak menyamai mereka. Dan apapun kodrat Tuhan, percayalah kulit sawo matang itu luar biasa.

 

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.