Produk Theraskin Berbahaya? Efek Samping Setelah Pemakaian

Kecantikan perempuan masa kini memang mudah di bentuk. Mulai dengan cara alami nan sederhana sampai perawatan kelas dewa macam oplas. Produk skincare pun pesat berkembang sebagai resiko dari hukum permintaan dan penawaran. Disini kecermatan dalam memilih menjadi penting mengingat tidak sedikit masyarakat Indonesia yang salah dalam memakai produk kosmetik. Artinya pembeli tersebut tidak paham kondisi kulitnya dan perawatan apa yang paling cocok. Kebiasaan yang berlaku umum: mereka cenderung mengikuti trend dan omongan orang. Jika ada teman yang bilang cream pemutih ini bagus dan aman, mereka lempeng saja mengikuti. Kalau tidak cocok mereka seketika bilang produk ini berbahaya. Sebelumnya maaf, saran kami: jangan jadikan wajah kalian kelinci percobaan. Salah ambil skincare sama gawatnya dengan kegagalan memilih calon mertua.

Di Indonesia sendiri, pasar skincare tidak hanya di dominasi oleh brand impor Pond’s atau Loreal. Kini banyak merk lokal seperti Wardah, Ms. Glow, Natasha, Tjefuk, Dr. Pure, Cream HN, hingga Temulawak yang ketat bersaing untuk mendapatkan atensi pelanggan. Salah satu skincare yang paling banyak mendapat perhatian adalah Theraskin.

Theraskin adalah produk PT L’essential. Alamat pabrik Theraskin ini berada di Tangerang. Saat ini sudah ada beberapa apotik yang menjual Theraskin. Secara harga biasanya lebih mahal. Selain itu, klinik Theraskin juga mulai bisa ditemui di beberapa kota seperti Surabaya dan Malang. Salah satu yang di salah pahami adalah; banyak orang menyamakan Theraskin dengan Immortal. Immortal adalah produk PT. Immortal Cosmedika Indonesia. Brand ini telah terdaftar di BPOM dengan merk Immortal Cosmetoceutical. Nah, tempat kami sekarang tidak menjual produk-produk dari Immortal. Namun kalau ingin menjadi agen Theraskin atau hanya reseller silahkan hubungi kami di nomor WA 082233889783. Anda bisa melihat harga Theraskin eceran di Katalog Produk dan Harga Theraskin. Untuk anda yang berniat menjadi agen tentu ada harga kusus.

Ok kembali ke topik tentang bahaya produk Theraskin.

Dari beberapa pelanggan kami ada yang bertanya, Theraskin amankah digunakan, bahaya gak? Mengandung steroid, hidroquinon atau merkuri tidak? Tidak menimbulkan efek samping atau efek buruk?.

Begini, secara kandungan produk Theraskin tidak berbahaya. Ini juga dibuktikan dengan terdaftarnya produk Theraskin di BPOM. Jadi tidak mungkin PT L’essential berani memasukan bahan-bahan kosmetik terlarang seperti Hidrokinon, Merkuri atau Steroid. Namun, beberapa kasus seperti kecocokan, iritasi atau breakout jadi masalah lain.

alergi setelah memakai kosmetik

Iritasi, Alergi dan Pengelupasan Setelah Memakai Produk Theraskin

Beberapa produk Theraskin kususnya yang berfungsi untuk mengatasi jerawat (Theraskin Acne) mengandung Benzoil peroksida (benzoyl peroxide). Zat ini merupakan antibiotik topikal yang mampu membunuh propionibacterium acnes atau bakteri yang dapat menyebabkan terjadinya jerawat dan peradangan. Sebetulnya Benzoil peroksida termasuk bahan kosmetik yang direkomendasikan BPOM karena ia bermanfaat sebagai agen pengoksidasi sekaligus mampu menggerakkan oksigen ke pori-pori untuk menghilangkan bakteri anaerob. Bahkan benzoil peroksida ini akan lebih efektif menghilangkan bakteri jika dibandingkan solusi topikal lain, seperti resorsinol, sulfur dan juga asam salisilat.

Namun reaksi awal pemakaian Theraskin seperti kulit menjadi kering, iritasi dan gatal-gatal, dan kemerahan bisa saja muncul setelah menggunakan produk dengan benzoyl peroxide. Ini terutama pada mereka dengan kulit hyper sensitif. Lalu saat reaksi ini terjadi banyak pemakai langsung menganggap jika Theraskin ini memiliki efek samping berbahaya. Padahal tidak. Yang terjadi adalah kulit orang tersebut tidak cocok saja dengan bahan tersebut. Sama halnya ada orang yang alergi udang ada yang tidak padahal udang kan baik buat kesehatan. Seperti itu jugalah sebuah skincare. Dan ini bukanlah efek buruk Theraskin. Ini wajar.

manfaat peeling wajah

Kasus sama juga kerap menimpa pemakai Theraskin peeling yang mengalami pengelupasan. Zat yang biasa digunakan pada peeling adalah AHA (alpha hydroxy acids) dan BHA (beta hydroxy acids). Pada proses medium peeling naik ke TCA. Zat-zat ini memiliki kemampuan untuk melakukan penetrasi ke dalam lapisan kulit, membersihkan maupun memperbaiki bagian lapisan bawah kulit. Jadi sel – sel kulit mati dapat terangkat. Hasilnya memang terjadi pengelupasan. Bahkan menggunakan TCA akan sedikit terasa perih. Namun jika anda memiliki jerawat pasir ringan, bekas jerawat, dan flek hitam, peeling adalah cara terampuh untuk mempercepat penyembuhan. Yang patut diketahui adalah pengelupasan merupakan hal wajar. Kulit setiap hari mengelupas dengan sendirinya tapi pengelupasannya tidak akan seefektif jika dibanding dengan menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung bahan seperti di atas.

Bedak Theraskin: Apa Mengandung Talc Berbahaya?

Bedak Theraskin terdiri dari dua jenis Loose (bedak tabur) dan compact (bedak padat). Dari aspek fungsional, bedak ini mempunyai variasi manfaat yang berbeda. Ada bedak untuk jerawat, ada yang berguna untuk memutihkan, bahkan terdapat pula bedak glowing. Semua bedak Theraskin menggunakan talc di dalamnya. Apa itu Talc dan kenapa banyak yang menganggap bahan itu berbahaya? Begini sejarahnya.

bahaya talc

Talc pada kosmetik merupakan hal yang umum. Biasanya terdapat pada foundation dan bedak. Talc (talek) adalah sejenis mineral dengan kandungan zat seperti magnesium, silikon, dan oksigen. Ia memiliki kekerasan 1 skala Mohs sehingga menjadikan mineral ini salah satu yang paling lembut di dunia. Lalu kenapa banyak yang menyebut talc itu berbahaya?.

Sebuah penelitian medis memberikan bukti jika partikel talcum dapat masuk menuju ovarium dan meningkatkan risiko kanker ovarium. Hal ini juga diperkuat dengan sebuah fakta jika Johnson & Johnson pernah membayar sebesar USD72 juta (sekitar 52 triliun) kepada seorang wanita pengidap kanker ovarium yag disebabkan terlalu sering memakai produk talek dari perusahaan tersebut.

Meski terlihat mengkhawatirkan, sebetulnya merokok dan konsumsi minuman berakohol memiliki tingkat resiko terkena kanker 30 kali lebih besar daripada sekedar menggunakan bedak. Sarah Williams dari Cancer Research UK juga pernah membuat penelitian jika korelasi antara wanita yang memakai bedak talc dengan risiko kanker terbilang rendah. Efek samping justru terjadi pada bayi. Saat menghirup bedak talc dalam jangka waktu yang panjang maka presentase terkena gangguan paru-paru ternyata lebih tinggi.

Selain itu, tidak semua talc berbahaya. Talc dengan kategori karsinogenik ditemukan pada jenis talek dengan kandungan asbes. Berita baiknya, pemakaian bahan ini pada kosmetik  sekarang dilarang BPOM. Bila bedak Theraskin ini berbahaya dan mengandung talc karsinogen, tentulah tidak akan lolos BPOM .

gambar bedak theraskin

Produk Theraskin yang Tidak Berbahaya

Theraskin terbagi menjadi 8 paket untuk wajah, dan 1 paket untuk tubuh seperti paket theraskin glowing, whitening, Acne (jerawat) dan Acne White (bekas jerawat), Flek hitam, untuk kulit berminyak hingga anti aging serta ibu menyusui. Dalam satu paket biasanya berisi 4-5 produk. Jika anda mengalami efek samping setelah memakai Theraskin maka yang harus anda lakukan adalah: baca isi kandungan dari produk tersebut. Dari 4 produk biasanya hanya ada satu atau dua saja yang tidak cocok dengan kulit. Cara mengetesnya, anda bisa memakai satu persatu dulu. Misalnya pakai Theraskin centact cream saja selama dua hari dan rasakan hasilnya. Jika perih berarti itu tidak cocok. Kemudian coba lagi Theraskin Facial Wash. Bila tidak terjadi reaksi negatif berarti kulit anda mau menerima kandunganya.

Mencari produk Theraskin yang benar-benar aman untuk kulit lebih berlaku buat mereka yang mempunyai tipe kulit sensitif, kombinasi atau berminyak parah (oily). Jika anda memiliki kulit normal, secara umum akan cocok dengan semua kandungan Theraskin. Jadi kalau ada yang bertanya produk Theraskin mana yang bagus? Jawabanya relatif. Tergantung kondisi kulit dan masalah kulit apa yang sedang terjadi. Orang dengan jerawat batu parah yang nampak meradang dan beruntusan tidak akan cocok memakai paket Theraskin untuk melasma. Beda cerita lagi jika kulit anda normal dan sekedar ingin memutihkan.

Dan yang patut di ingat adalah, Theraskin tidak bisa memberi reaksi yang super cepat, express white. Kalau mau cepat pakai saja kosmetik yang mengandung merkuri. Dijamin seminggu sudah terlihat hasilnya. Jerawat juga hilang bahkan nyamuk pun tidak mau mampir di wajah anda. Efek jangka panjang? Minimal terjadi ketergantungan, flek hitam makin parah, kulit kusam kering karena tidak mampu melakukan regenerasi. Selain merkuri, zat yang dikenal sebagai bahan berbahaya pada kosmetik adalah hydroquinone.

Apa Cream Theraskin Mengandung Hidrokinon yang Berbahaya?

Penggunaan hidrokinon sangat efektif untuk menekan hyperpegmentasi. Zat ini biasa digunakan dalam cream pemutih ilegal. Jadi kalau anda mengalami flek hitam parah, hidrokinon sering di pakai oleh dermatolgist atau dokter kulit dalam proses perawatannya. Namun ingat, hanya dokter kulit saja yang memiliki hak paten untuk memakai bahan ini. Itu pun di batasi pada angka maksimal 5% saja. Diatas itu tentu di larang. Kondisi pasien juga harus memenuhi berbagai syarat seperti tidak sedang hamil dan menyusui serta tidak berencana untuk hamil dalam jangka waktu 3 bulan ke depan.

bahaya hidrokinon

Cream Theraskin asli tidak mengandung bahan berbahaya ini. Akan tetapi, beberapa paket Theraskin seperti Theraskin Forte, Fleksol, HTMH serta HTCD memakai krim racikan yang mengandung hidrokinon. Cirinya; tidak ada merk pada kemasan krim racikan ini dan kadang para penjual bilang ini Theraskin racikan dokter. Jadi hanya tertulis cream malam atau cream siang saja yang kalau dilihat-lihat mirip krim kiloan. Tidak ada segel resmi dengan nama Cream Theraskin. Untuk penyimpanan biasanya di taruh lemari es. Pada paket ini disertakan juga produk asli Theraskin seperti toner atau facial washnya. Reaksi paket theraskin jenis ini memang sangat cepat. Namun efek jangka panjangnya?. Kami tidak perlu bercerita panjang lebar bagaimana bahaya hidrokinon jika di pakai melebihi dosis dan aturan.

Itulah beberapa efek samping dan pengalaman memakai Theraskin yang bisa kami sampaikan. Pastikan anda memberi Theraskin asli hanya di tempat kami sebab bahaya Theraskin palsu benar-benar nyata. Percayalah.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.