Perawatan Skincare Untuk Kulit Kombinasi

Kering pada pipi? berminyak pada bagian T (Kening, Hidung, Dagu)? Anda mempunyai kulit kombinasi. Bagaimana kulit kombinasi bisa terjadi, apa penyebab dan faktor pendorongnya masih misteri. Sebagian ahli mengganggap faktor genetik, yang lain karena perubahan cuaca. Dan fakta bicara, kulit dengan tipe tidak jelas ini paling sering mengidap orang Indonesia. Berita baiknya, merawat misteri ini jauh lebih mudah daripada yang anda pikirkan. Dengan produk berkualitas, kombinasi dapat terlihat indah.

Produk Rekomendasi

 

 

Bagaimana mengenali kulit kombinasi?

Untuk mengetahui ciri-ciri kulit kombinasi butuh serangkaian tes yang bisa anda aplikasikan sendiri. Cara pertama basahi wajah dan diamkan selama satu setengah jam tanpa mengoleskan produk kecantikan apapun. Dalam masa penantian tersebut, jangan berada di ruangan berAC atau melakukan aktivitas di bawah sinar matahari. Setelah itu, gunakan tisu atau tekan bagian pipi, dagu dan kening. Jika tidak memiliki tisue bisa menempelkan wajah anda ke cermin. Setelah tes, anda akan mendapati cermin atau tisue sedikit berminyak. Jika minyak hanya terdapat pada area T wajah, bisa di pastikan kulit tersebut bertipe kombinasi. Pada area T ini juga biasanya akan terlihat pori-pori yang lebih lebar.

skincare untuk kulit kombinasi

Memakai tisu atau cermin untuk menentukan jenis kulit kombinasi mempunyai tingkat efektifitas 60%. Selain cara ini, anda juga bisa menggunakan aplikasi SkinVision yang bisa didownload lewat smartphone. Jika ingin lebih akurat, bisa membeli Skin Type Analyzer. Harga alat ini 300 ribuan. Ia juga mampu mendeteksi tingkat kelembaban kulit.

Pada beberapa kasus, orang dengan kulit kombinasi akan cenderung lebih berketombe. Saat anda memakai moisturizer, kulit wajah akan terasa bagus, sementara pada hidung dan dahi terasa berkiluan. Kalau sederet ciri-ciri tersebut belum mampu membuat anda paham, coba tanyakan pada teman anda. Apakah kulit wajah anda normal atau sedikit gila.

Memilih Produk Terbaik Untuk Kulit Kombinasi

Seperti kami katakan di awal, tidak ada pendapat bulat mengapa sebagian orang mempunyai kulit kombinasi. Banyak faktor berkontribusi pada masalah ini, sering kali kesimpulan masalah tersebut berakhir dengan alasan klasik, sudah dari sononya atau keturunan. Tidak sama dengan penyebab kulit berminyak yang bisa anda obati dengan terapi non-pharmatology, seperti diet daging atau makanan pedas. Dengan kulit kombinasi, anda tidak bisa melakukan hal tersebut. Cara terbaik merawatnya adalah memilih produk yang sesuai.

Kata kunci yang bisa anda ingat dengan kulit kombinasi adalah tidak ada one-size-fits solution. Semua tergantung dari seberapa kering kulit atau berminyaknya wajah. Anda harus membagi dan merawat area wajah secara berbeda. Oil-absorbing atau matte finish produk yang bekerja dengan luar biasa untuk bagian berminyak bisa menjadi trouble-makers jika anda mengaplikasikanya pada area yang dry. Begitu pula sebaliknya, memakai emollient moisturizer akan membuat area berminyak wajah tampak seperti panci penggorengan. Itulah mengapa menceraikan wajah anda jadi penting.

Bila kulit kombinasi anda tidak terlalu parah, proses layering bisa dilakukan. Pertama, gunakan formula yang ringan, bertekstur gel, lotion ringan atau liquid berbahan BHA ke seluruh wajah. Setelah itu anda bisa menambahkan booster, serum, atau moisturizer hanya pada area wajah yang kekeringan, termasuk sekitar mata. Jadi rahasia perawatan wajah kombinasi adalah mengetahui kapan dan dimana harus melapisi skincare anda. Usahakan juga produk tersebut memiliki ingredient yang lembut, bersifat  non-irritating dan tidak mengandung fragrance. Salah memilih produk wajah anda akan berubah lebih horor, oily area akan lebih berminyak sementara dry area nampak lebih gersang.

Apabila anda mengalami gejala kulit kombinasi yang ekstrem tersebut, perawatan akan menjadi teramat susah. Lebih menjengkelkan. Saat itu, layering (pelapisan) tidak akan lagi efektif. Cara satu-satunya adalah memisahkan tiap area berbeda dengan produk yang berbeda, sementara di sela-selanya bisa anda tinggalkan. Butuh kecermatan ekstrem pula untuk sekedar memastikan area mana yang benar-benar berminyak atau kering. Di saat ini, kemungkinan besar anda butuh alat Skin Type Analyzer.

Bagaimana Cara Merawat Kulit Kombinasi?

Ada beberapa langkah yang bisa anda praktekan sebagai skincare routine pada kulit kombinasi. Kami akan membaginya menjadi 5 tahap berbeda mulai bangun tidur sampai anda tertidur lagi.

  1. Sabun pembersih wajah untuk kulit kombinasi

Terserah cleanser yang anda pilih berbentuk lotion atau gel yang penting ia bisa membersihkan debu, kotoran atau make up di wajah tanpa membuat kulit terasa tebal dan kering. Bisa juga melakukan double cleanser. Pilih yang cleanser yang bebas sulfate dan fragrance.

Produk pilihan reviewer  : Theraskin Cleansing Solution, Jafra Balancing Cleanser

  1. Toner untuk kulit kombinasi

Jangan lewatkan step ini atau anda menyesal. Selain menstabilkan pH wajah, toner mempunyai efek yang menyejukan dan menghidrasi. Toner berkualitas dapat menutrisi kulit kering sekaligus meminimalkan sebum pada saat yang sama. Gunakan setelah mandi.

Produk pilihan reviewer  : Theraskin Toner  Chammomile

  1. Gunakan skincare yang mengandung BHA

BHA membantu kulit melepaskan sel-selnya yang telah mati tanpa mengiritasi. Ia juga berguna untuk mengecilkan pori-pori, mengurangi minyak dan pada saat yang sama tidak membuat kulit menjadi lebih kering. BHA bisa anda temukan pada obat jerawat. Pilih yang bertekstur cair atau gel.

Produk pilihan reviewer  :

  1. Sunblock untuk kulit kombinasi

Untuk kulit kombinasi, pilih sunscreen dengan formula yang ringan dengan SPF 30. Langkah kecil ini juga sangat bermanfaat untuk mencegah keriput atau penuaan dini. Sebelum memakai sunscreen anda bisa mengaplikasikan booster atau serum pada area kering kulit wajah anda.

Produk pilihan reviewer  : TS Gell SPF 30

  1. Malam hari : Moisturizer & Serum untuk kulit kombinasi

Malam hari merupakan fase terpenting dalam perawatan apapun. Sama pentingnya dengan merawat suami anda. Saat malam hari itulah, wajah anda akan melakukan proses regenerasi sel-sel kulit. Anda bisa mengoleskan serum kemudian pelembab yang tipis ke seluruh wajah. Pertanyaanya, apa tidak membuat wajah semakin berminyak? Tidak. Pada orang dengan kulit kombinasi, temperature rendah pada malam hari akan menekan produksi minyak di area T. Serum mengandung antioksidan dan restoring ingredient yang memulihkan kondisi kulit anda, menjadi lebih elastis dan cerah.

Produk pilihan reviewer  : Theraskin Oil Regulation Serum, Theraskin Moisturizer Cream.

Setelah mengetahui apa itu kulit kombinasi, ciri-ciri dan cara perawatan terbaik, yang perlu anda perhatikan adalah konsistensi. Kedisiplinan merupakan faktor penting untuk mendapatkan kulit yang sempurna. Dan ingat, kulit kombinasi tidak ada obatnya, yang bisa anda lakukan hanyalah berdamai dengan tenang.

 

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.