Skincare Routine Wanita Indonesia

Dalam istilah yang tidak terlalu ketat, kita bisa mengatakan skincare sebagai sebuah usaha untuk merawat wajah agar lebih enak di pandang. Karena dikategorikan sebagai usaha, maka anda harus memiliki strategi yang tepat juga doa yang mujarab agar usaha anda berhasil. Oleh sebab itulah, secara pribadi kami mengatakan skincare terbaik itu tidak ada. Bagus buat seorang wanita belum tentu skincare tersebut bagus buat yang lain. Ia seperti mitos kecantikan, sangat relatif. Pada orang Arab atau India, wanita cantik adalah mereka yang berbadan gemuk, di Afrika wanita cantik harus berbadan kekar. Artinya tiap kondisi menghasilkan kriteria tertentu untuk dipenuhi.

Saat anda menilai skincare yang bagus, sebetulnya anda tidak sedang benar-benar mengatakan ia bagus. Lebih tepatnya, skincare ini cocok buat saya jadi ia bagus. Kriteria skincare yang bagus dan terbaik harus melewati standart physical, chemical dan microbiological quality standards. Gampangnya, anda bisa melihat kandungan produk tersebut di label bagian belakang. Dan kami cenderung yakin, anda teramat jarang membacanya tapi langsung membelinya. Kalaupun membaca, anda juga tidak mengerti jadi percuma saja. Ibaratnya anda suka dengan seseorang dan tidak pernah punya nomor WA orang tersebut. Kalau anda diam saja dan tidak mau mencari tahu. Anda memang benar-benar orang yang tabah dan sabar dalam menghadapi cobaan. Kami doakan cepat masuk surga.

Oke, kita kembali ke topik. Skincare routine yang bisa anda pilih setidaknya bisa ditentukan dari jenis kulit; berminyak, sensitif, kering, kombinasi atau normal-normal saja. Jadi untuk urusan satu ini saatnya anda berhenti menjadi anak SMA ala Ada Apa dengan Cinta atau mahasiswi ababil yang terikat dengan konsep pertemanan sepanjang masa. Jangan anggap kedekatan jadi faktor kunci menyamaratakan skincare anda. Toh, anda tidak pernah ingin punya pacar yang sama. Oleh karena itu ingat dengan baik, tentukan jenis kulit anda masuk kategori apa agar skincare tersebut mampu bekerja dengan benar dan tidak menimbulkan iritasi ringan. Lalu bagaimana cara menilainya? Gampang.

Cara Menentukan Jenis Kulit - Skincare Routine Indonesia

Cara Menentukan Tipe Kulit dan Bagaimana Cara Merawatnya?
Untuk mengetahui jenis kulit wajah anda, pertama basahi wajah dan diamkan selama satu setengah jam tanpa mengoleskan produk kecantikan apapun. Dalam masa penantian tersebut, jangan berada di ruangan berAC atau melakukan aktivitas di bawah sinar matahari. Setelah itu, gunakan tisu atau tekan bagian pipi, dagu dan kening.

1. Skincare Routine Untuk Kulit Normal

Jika hasil test menunjukan wajah anda tidak ada berkas minyak dan terasa balance berarti ia normal. Karaketeristik lain ialah pori-pori yang tidak terlalu tampak. Untuk merawatnya cukup gunakan facial wash dan cleansing oil yang ringan saja. Serum juga berguna agar tampak lebih cerah. Dan jangan lupa toner.

2. Skincare Routine Untuk Kulit kombinasi

Pada bagian T (Kening, Hidung, Dagu) orang dengan kulit kombinasi akan terasa berminyak sementara pada bagian pipi terasa lebih kering. Jadi ini masuk jenis kulit dengan kategori abu-abu, ga jelas. Dan faktanya, kebanyakan orang Indonesia adalah pemilik kulit jenis ini. Kesimpulanya bisa anda tarik sendiri.
Untuk perawatan kulit kombinasi, anda bisa mengaplikasikan produk yang berbeda pada area tertentu. Misalnya, anda bisa menggunakan mild cleanser dan moisturizer pada pipi, sementara kandungan lebih keras bisa anda pakai pada area T-zone. Atau bisa juga, gunakan dengan ketebalan yang berbeda seperti saat mengoleskan foundation yang lebih banyak di area T.

3. Skincare Routine Untuk Kulit Berminyak

Jika cermin yang anda gunakan untuk test berubah jadi panci penggorengan. Selamat, andalah pemilik tipe kulit Glowing ala indonesia. Dan untuk perawatan wajah berminyak, jangan gunakan produk yang mengandung SD alkohol sebab justru memperparah kulit berminyak. Pastikan juga produk skincare tersebut oil-free dan mengandung beberapa subtansi seperti  salicylic acid, niacinamide, hyaluronic acid atau dimethicone atau bahan lain yang berfungsi menghidrasi kulit, karena bahan ini terasa ringan di wajah. Beberapa subtansi seperti mineral oil, petroleum, dan petrolatum sebaiknya dihindari. Paling bagus anda memakai serum.

4. Skincare Routine Untuk Kulit Kering

Kulit kering terasa tebal dengan pori-pori yang sempit. Serpihan kulit akan terbawa tisu, saat anda mengetesnya. Pada jenis kulit ini anda harus sering memakai moisturizer. Gunakan moisturizer yang banyak mengandung AHA atau glycolic acid. Namun ketika cara ini tidak ampuh, bisa jadi kulit wajah anda terkena iritasi atau infeksi alangkah baiknya jika segera konsultasi ke dokter.

Selain empat tipe kulit diatas ada juga orang dengan jenis kulit sensitif. Biasanya terjadi alergi seperti gatal, kemerahan dan terasa kering saat memakai produk dengan fragrance atau mengandung bahan seperti methylisothiazolinone atau Phthalates. Bagi sensitifer yang ingin membersihkan blackhead (komedo) hindari juga produk yang memakai Acetylated Lanolin Alcohol, Ethylhexyl Palmitate, Sodium Laureth Sulfate, dan Potassium Chloride. Sementara pada facial wash, substansi seperti sodium lauryl sulfate atau Dimethylaminopropylamine harap dijauhi. Namun yang perlu anda ingat, untuk menentukan seberapa sensitif kulit anda itu sangat susah. Bahkan cara seperti memakai tisu atau cermin untuk menentukan jenis kulit pun hanya efektif 60%. Kalau anda pergi ke dermatologist atau dokter kulit, kesuksesan diagnosa tidak terjadi sekali jalan. Tapi berjalan-jalan. Jalan-jalan jenis ini membutuhkan biaya yang tidak murah.

Untuk mendeteksi jenis kulit dengan tingkat keberhasilan 70%, bisa memakai aplikasi SkinVision yang bisa didownload lewat smartphone. Jika ingin lebih akurat, bisa membeli Skin Type Analyzer. Alat ini bisa mendeteksi kadar minyak dan kelembaban sekaligus.

Skin Vision APP

Setelah mengetahui jenis kulit, saatnya mulai tahap-tahap perawatan wajah. Mengetahui step by step skincare yang benar teramat penting, ini karena, pertama proses ini menentukan produk apa saja yang wajib anda miliki. Kedua, 70% kegagalan para beauty ethusiast disebabkan pemakaian produk kosmetik pada waktu yang tidak tepat. Misalnya saja, masker dengan kandungan Glycolic Acid 2% atau 20% harus anda gunakan berapa hari sekali. Salah menempatkanya, anda bisa mengalami overtreatment yang membuat kondisi kulit malah lebih hancur dari sebelumnya.

asian skincare

Tahap-Tahap Perawatan Wajah
Setelah menghabiskan sejumlah biaya untuk produk skincare yang anda anggap bagus, maka mengetahui tahap perawatan wajah yang tepat hukumnya adalah wajib. Kami akan mengulas urutan skincare routine tersebut menjadi dua, harian (Daily Skincare) dan mingguan (Weekly Skincare). Disini juga akan disertakan produk-produk apa saja yang bisa anda pertimbangkan. Kami hanya menulis produk yang pernah secara pribadi kami review. Disini anda akan jarang menjumpai skincare kelas elit semacam SK-II, Juara, Acca Kappa atau Glamglow yang berharga diatas lima ratus ribu hingga jutaan.

Kami paham banget pikiran rata-rata cewek Indonesia, mereka ingin skincare yang bagus dan murah. Hello emang ada?, menghadapi kegalauan antara maksud hati dan kondisi dompet tersebut, kami mencoba menerjemahkan kalimat mujarab “skincare bagus dan murah” dalam arti begini; produk tersebut mempunyai kandungan yang berkualitas, ya sedikit banyak mempunyai kandungan yang mirip dengan skincare mahal. Selain itu tidak terdapat bahan-bahan berbahaya di dalamnya karena produk yang kami rekomendasikan sudah mengantongi ijin BPOM.

Satu lagi, artikel ini lebih banyak memuat Skincare Indonesia daripada Skincare Korea. Ini bukanya tanpa alasan. Tahun 80an, tokoh kecantikan kenamaan tanah air Martha Tilaar pernah bertemu Prof. Van der Howe di Belanda, ia diminta untuk menggali tren kecantikan ala timur. Sebab untuk masalah satu ini, dunia sedang beralih kiblat. Skincare alami mulai dipertimbangkan. Nah untuk urusan bahan-bahan, Indonesia adalah gudangnya jika anda ingin membuat sendiri perawatan wajah yang alami atau skincare pabrik yang dibuat dari bahan-bahan alami. Baik kita mulai saja.

skincare routine

1. Daily Skincare Routine (Skincare Rutin Harian)

Tahap-tahap perawatan ini bisa anda aplikasikan setiap hari, baik yang berjenis kelamin pria, wanita, atau wanita jadi-jadian tidak masalah. Malah, jenis makhluk antik terakhir inilah yang terbukti paling sering bersentuhan dengan kosmetik.

a. Double Cleansing
Iya, tahap paling awal dari skincare routine daily adalah cleansing alias bersih-bersih wajah. Cleansing ini ga dilakukan sekali namun dua kali, jadi kami menyebutnya double cleansing, pertama dilakukan sebelum mandi, kedua pada saat di kamar mandi. Sebelum mandi, bisa mengaplikasikan cleansing oil atau cleansing milk. Ini berguna untuk mengangkat sel kulit mati.

double cleanser

Cleansing Oil biasanya terbuat dari minyak natural. Apabila kulit anda berminyak, baiknya pilih cleansing oil dengan komposisi campuran antara minyak hazelnut dan minyak bunga matahari, bisa juga minyak zaitun yang dicampur dengan minyak almond dan minyak biji anggur. Jangan gunakan minyak jojoba dan minyak kelapa karena bersifat comedogenic yang justru akan menyumbat pori-pori kulit. Saat anda mandi tinggal basuh memakai facial wash atau facial foam. Kulit akan terasa lebih kenyal dan segar. Dan untuk rekomendasi cleansing yang bagus silahkan kunjungi halaman ini Theraskin Milk Cleanser 100ml

b. Toning
Theraskin AHA Toner 100ml
Toner adalah salah satu produk skincare yang paling banyak pencarinya. Kami pribadi banyak menerima pertanyaan gawat darurat wanita galau stadium lima yang WA “toner yang bagus apa”. Untuk mengetahui toner yang bagus ceritanya panjang tapi tidak mbulet seperti sinetron di televisi kita. Dan tingkatan paling mbulet dipegang oleh pelanggan yang bertanya toner itu apa. Kami mencoba sabar dan berpikir positif mungkin bapak anak ini tarzan. Untuk menjawab itu, sederhana saja. Toner atau pembersih wajah bisa anda aplikasikan setelah mandi atau setelah memakai kosmetik. Cara menggunakanya cukup dengan mengoleskanya pada kapas. Toner juga sangat berguna untuk membersihkan wajah setelah memakai peeling. Beberapa produsen skincare bahkan membuat toner untuk kulit berminyak ataupun untuk kulit berjerawat. Kadang ditambah pula zat-zat untuk mencerahkan kulit.

Selain itu, toner berguna untuk menetralkan pH wajah kita. kulit wajah manusia secara natural itu asam dengan pH 4,0-5,5. Ini lebih rendah daripada pH kulit tubuh. Kondisi aciditas pada level ini dianggap paling pas untuk menghambat pertumbuhan kuman. PH kulit tersebut terbentuk dari asam lemak dan asam amino dari kulit dan sekresi minyak di kulit yang menghasilkan Acid Mantle. Mantle ini berguna untuk melindungi kulit wajah dari serangan bakteri, infeksi atau polusi. Namun ia bisa rusak, salah satu penyebabnya adalah pembersih atau sabun muka yang keras (pH Basa > 7.3). Nah, sekarang tahu kan kenapa toner musti anda pakai setelah mandi. Jika anda tertarik dan ingin menggunakan toner untuk membersihkan wajah, berikut toner yang cocok untuk semua jenis kulit Theraskin AHA Toner 100ml

c. Treatment
nama-nama treatment10 tahun yang lalu mungkin kita hanya mengenal serum, namun sejak wabah Korea menyerang, kosakata kita bertambah. Kita jadi tahu jika ada treatment wajah yang bernama Essence, Booster, hingga yang lebih baru lagi Ampoule. Perbedaanya apa? Serum wajah adalah cairan atau gel eliksir berwarna jernih dan bertekstur ringan. Ia juga memuat sejumlah bahan aktif, seperti vitamin dan antioksidan. Tujuanya adalah untuk menembus ke bagian dermis kulit lebih cepat. Dipakai setelah menggunakan toner dan sebelum mengoleskan moisturizer. Ia sama saja dengan essence, hanya saja tekstur serum biasanya lebih encer dan mempunyai konsentrasi kandungan aktif lebih tinggi.

Booster adalah pre-essence atau pre-serum. Ia berfungsi memperkuat kinerja kosmetik yang akan diaplikasikan selanjutnya. Pemakaian booster yang tepat dapat mempercepat kinerja cream siang maupun cream malam yang anda pakai hampir dua kali lipat. Sementara Ampolue sendiri sering ditemukan pada Skincare ala Korea. Mungkin ia nama daerah dari serum kalo di korea sana. Ya seperti dempul untuk menyebut foundation pada masyarakat Jawa. Kandungan bahan aktif Ampoule lebih tinggi dari serum. Tekturnya juga paling cair dan gampang menyerap dibanding produk treatment yang lain. Meski mempunyai sebutan yang jelek dan tidak elit, Ampoule memiliki harga paling mahal. Jadi don’t product from its name. Perlu diketahui saat ini dipasaran telah banyak beredar berbagai merk serum yang menawarkan kelebihannya masing-masing sehingga membuat bingung untuk memilihnya, oleh karena itu kami mencoba untuk membantu anda dalam memilih produk tersebut dan salah satunya yaitu Theraskin Serum Vitamin C 10%

d. Moisturizer
perbedaan mouisturazerMoisturizer atau pelembab berguna untuk mengembalikan protein keratin, bahan dasar pembentuk kulit manusia. Pada skincare Korea, moisturizer menempati posisi paling penting untuk membuat wajah glowing. Sudah menjadi rahasia jika memakai double moisturize. Pertama, mereka memakai pelembab yang bertekstur lightweight gel atau water based. Setelah meresap ke dalam wajah moisturizer dengan tekstur creamy bisa dioleskan. Kulit yang terhidrasi akan mempercepat regenerasi kulit, sehingga elastisitas kulit terjaga, anda pun bebas dari keriput atau kusam. Orang dengan elastisitas kulit tinggi mempunyai jumlah pori-pori yang lebih sedikit, jadi kemungkinan untuk berjerawat juga menurun.

Dan jangan salah sangka, pelembab tidak hanya diperuntukan untuk kulit kering, ia juga bermanfaat untuk kulit berminyak. Sebetulnya, minyak yang diproduksi kulit hanya akan melumasi kulit tidak melembabkan. Justru kelebihan minyak dapat menahan kelembaban. Untuk kulit berminyak sebaiknya hindari pelembab dengan kandungan Vitamin E, petrolatum, parafin, atau kolagen.

Moisturizer umumnya berbentuk cream, jika anda ingin memakai moisturizer yang lebih ringan, bisa pakai emulsion. Emlusion pada dasarnya mempunyai fungsi yang sama dengan moisturizer, untuk melembabkan. Pada beberapa brand istilah emulsion ini diganti dengan lotion. Dan, emulsion cocok sekali untuk anda yang mempunyai kulit berminyak. Satu lagi, pelembab juga jadi bagian penting perawatan untuk umur 40 tahun keatas sebab masa ini elastisitas kulit cenderung jauh menurun. Gunakan serum antiaging sebelum memakai serum. Bagi anda yang memiliki kulit wajah normal cenderung kering, jika ingin mencoba menggunakan Moisturizer, Anda bisa menggunakan Moisturizer yang mengandung ceramide dan kolagen seperti pada produk Theraskin Moisturizer Cream 10g

e. Special treatment
Disebut special sebab perawatan ini jarang dilakukan. Treatment ini hanya perlu pada kondisi-kondisi tertentu saja.

– Eye Cream
Theraskin Eye Cream With Gluconolactone

Eye cream merupakan salah satu proses skincare yang sering diaplikasikan oleh wanita, biasanya untuk menghilangkan kerutan disekitar mata, mata panda, atau mata bengkak karena menangis semalaman di tinggal mantan. Eye cream yang bagus seharusnya tidak mempunyai kandungan yang skin-aggravating seperti  fragrant plant oils, synthetic fragrance, atau skin-sensitizing plant extracts. Ini karena bahan-bahan tersebut dapat membuat mata panda atau keriput anda semakin parah.

Berita baiknya, sebetulnya anda tidak perlu menggunakan eye cream jika sudah memiliki moisturizer atau serum yang mampu menjangkau kulit sensitif di sekitar mata. Jika terpaksa memilih eye cream yang bagus, lebih baik gunakan produk yang mengandung formula antioksidan atau  yang bersifat skin-restoring. Gunakan juga eye cream yang mengandung SPF jika anda berniat keluar rumah. Namun kali anda tidak perlu bingung lagi untuk memilih eye cream yang bagus karena Thareskin bisa menjadi solusi kebutuhan anda yaitu menggunakan Theraskin Eye Cream With Gluconolactone

– Acne/Flek Cream
Skincare untuk menghilangkan jerawat atau bekas jerawat (flek hitam) sebetulnya tidaklah susah dicari. Yang paling susah adalah harus mengindari produk-produk kosmetik seperti dibawah ini.

kandungan kosmetik yang harus dihindari
Bahan-bahan seperti gambar diatas dapat memicu jerawat bertambah parah. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa memilih perawatan wajah yang ditujukan kusus untuk kulit berjerawat. Biasanya produsen skincare sudah memberi embel-embel seperti acne serum atau acne toner. Dan untuk cream wajah yang bagus untuk menghilangkan jerawat dan flek hitam saat ini adalah Theraskin Acne Cream

– Lip Balm
melia propolis

Lip balm sering dipakai terutama wanita yang mengalami bibir kering atau pecah-pecah. Masalah ini kerap kali menghinggapi mereka yang sedang beramal baik, seperti puasa, atau berkegiatan menyenangkan, berciuman dengan pacar. Tanya kenapa? Ini karena dehidrasi, menjilat atau menggigit bibir akan menghilangkan kelembaban alamiahnya. Namun pada kasus kusus, bibir kering dan pecah-pecah dapat terjadi karena penyakit pellagra atau herpes.

Pellagra disebabkan karena kekurangan vitamin B3 yang biasanya ditandai dengan kekacauan mental. Jadi kalau anda merasa agak sedikit gila disertai bibir pecah-pecah segera konsultasikan ke dokter. Namun jika anda terlalu sering melakukan kegiatan yang menyenangkan dan melanjutkanya disembarang tempat, mungkin saja ada gejala herpes. Dan obatnya adalah Melia Propolis. Mirip dengan eye cream, lip balm yang bagus rata-rata sudah fragrance-free, biasanya terbuat dari castor oil atau ekstrak madu. Selain bibir kering, lip balm juga bisa mengatasi bibir hitam. Solusi masalah ini memang anda harus memakai melia propolis.

2. Weekly Skincare Routine (Skincare Rutin Mingguan)

Skincare routine mingguan adalah program perawatan wajah yang anda pakai tidak setiap hari. Disini ada dua jenis perawatan, yaitu masker dan exfoliator (peeling wajah)

a. Masker
masker jafra
Masker bisa anda pakai seminggu sekali, produsen biasanya mengaplikasikan bahan-bahan alami seperti bengkuang, brontowali atau timun. Saat ini, yang sedang naik daun adalah masker arang. Sementara, produsen masker besar biasanya kerap menggunakan kaolin atau bentonite, sejenis tanah liat. Cara memakai masker sangat mudah. Pertama anda cukup membasuh muka dengan air hangat, lebih baik lagi jika menggunakan cleansing oil dan facial wash. Setelah itu, anda dapat mengoleskanya ke wajah secara merata.

Hindari area sensitif seperti mata, hidung atau mulut. Kalau mulut anda tidak sensitif hingga terlalu banyak bicara, bisalah sekali-kali mencobanya. Kalau tidak terasa pahit, berarti masker tersebut mengandung madu atau tomat, bukan tanah liat. Madu dan tomat memang sejak dulu di kenal sebagai masker alami. Kedua bahan ini memang super aman untuk mengatasi jerawat atau flek hitam, namun anda harus menggunakan seribu tahun lamanya. Saran kami, gunakan masker pabrikan sebab mempunyai efek yang lebih cepat juga aman. Gunakan masker sekitar 20-30 menit. Setelah itu, bilas wajah anda dengan air hangat dan usapkan toner. Proses pun selesai. Dan masker lumpur pabrikan yang saat ini lagi banyak dicari yaitu masker wajah yang benar-benar memberikan hasil positif dan aman seperti pada Masker Jafra Mud Mask

b Exfoliator (Peeling)
pengelupasan kulit wajah priaAda dua jenis peeling yang jarang diketahui, secara kimiawi (Chemical Peeling) atau mekanis (Dermabrasi dan Mikrodermabrasi). Perbedaanya ada pada harga, dermabrasi membutuhkan biaya yang mahal sebab anda harus berurusan dengan klinik kecantikan. Di sisi lain, peeling bisa anda lakukan sendiri di rumah dengan biaya murah. Peeling merupakan salah satu jenis perawatan paling ampuh untuk menghilangkan kerutan dan flek hitam, selain dermabrasi dan laser tentunya. Ia juga sangat cocok untuk perawatan wajah pria, sebab pria mempunyai karakteristik kulit yang tebal.

Penggunaan peeling harus disesuaikan dengan kandunganya dan seberapa parah flek hitam anda. Anda bisa mulai mencoba dari peeling dengan GA 20% selama satu bulan. Lakukan peeling sebulan 3 sekali. Jika tidak ada perubahan lalu naik ke 35% yang bisa anda gunakan satu bulan 2 kali. Jika anda mengalami masalah kulit yang lebih serius, sebaiknya melakukan medium peeling atau deep peeling. Seperti yang dijelaskan diatas bagi anda pemula atau yang masih ingin mencoba menggunakan produk peeling anda bisa menggunakan peeling dengan GA 20% dan saat ini produk peeling dengan GA 20% yang bagus adalah Theraskin Peeling GA 20%

skincare untuk ibu hamil

Satu lagi yang paling penting, jika anda wanita yang sedang hamil atau menyusui, jangan gunakan skincare secara sembarangan. Adalah hal yang wajar jika saat hamil, wajah berubah jadi kusam, berminyak dan muncul jerawat sebab peningkatan hormon pada trimester pertama kehamilan berefek pada besarnya jumlah produksi minyak pada lapisan dermis. Jika anda terpaksa memakai produk perawatan wajah, pastikan bahan-bahan skincare tersebut tidak berbahaya untuk janin. Hindari produk-produk dengan bahan seperti octyl methoxycinnamateoxybenzone (benzophenone-3), octyl-dimethyl-PABA dan octinoxate. Ingat, keselamatan janin sering kali lebih penting dari sekedar memuaskan suami anda.

zzz

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.