Skincare Terbaik Untuk Kulit Berminyak

Kulit berminyak disebabkan oleh beberapa faktor, namun para ahli sepakat jika penyebab utamanya adalah keturunan. Jika ibu atau bapak anda memiliki kulit berminyak, selamat anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan oily skin. Faktor hormonal seperti penggunaan pil pengontrol kehamilan (KB), juga mendorong produksi sebum di wajah anda. Penyebab lain wajah berminyak adalah cuaca semisal panas yang ekstrem, bisa juga karena stress dan pemakaian produk perawatan wajah yang tidak benar atau tidak cocok dengan kulit.

oily skin

“Kenapa harus memilih perawatan wajah yang tepat untuk mengatasi kulit berminyak?”

Penggunaan produk yang mengandung SD alkohol seringkali justru memperparah kulit berminyak anda. Saat alkohol menyerap dan mengeringkan kulit, sebagai respon alami, kulit justru akan memproduksi minyak lebih banyak. Selain itu, alkohol juga tidak bagus untuk perawatan keriput dan anti penuaan. Ketika kulit terkena alkohol ia akan menjadi kering dan tidak mampu mempertahankan kelembaban, hasilnya kulit akan menjadi lebih berkerut dan warnanya tidak merata. Lalu apa alkohol tidak berguna dan berbahaya untuk perawatan kulit? tidak selalu. Alkohol hakikatnya mampu membantu vitamin C dan nutrisi lain seperti kolagen dan retinol terserap lebih dalam ke kulit.

Lantas, bahan-bahan apa yang dapat digunakan untuk skincare kulit berminyak? Jawabnya adalah Banyak. Wajah berminyak yang tidak dirawat dengan benar biasanya cenderung berjerawat. Produsen kosmetik atau perawatan wajah sudah mengantisipasi ini. Mereka mengkomposisikan bahan –bahan yang berguna untuk kulit berminyak sekaligus mengatasi jerawat. Dan satu hal yang tak kalah penting adalah anda harus membuat langkah-langkah yang tepat untuk menghilangkan jerawat.

Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas skincare apa saja yang bisa anda terapkan dalam mengatasi kulit berminyak beserta bahan-bahan seperti apa yang wajib anda pertimbangkan. Baik kita mulai saja.

1. Double Cleansing

Langkah pertama dalam skin care untuk merawat kulit berminyak dimulai saat anda berada dalam kamar mandi dan mulai membersihkan wajah anda. Wajah yang berminyak bisa anda bilas setidaknya 2x sehari. Untuk melakukan proses ini anda butuh dua hal; Facial Wash dan Cleansing Oil. Cleansing oil pada dasarnya mirip dengan facial wash. Ia bisa membersihkan sel-sel kulit mati. Bedanya Cleansing oil terbuat dari minyak. Lha bagaimana kalau kulit berminyak malah bertambah parah kalau dikasih minyak? Tenang saja, Cleansing Oil biasanya terbuat dari minyak natural. Anda bisa memilih Cleansing oil dengan komposisi campuran antara minyak hazelnut dan minyak bunga matahari, bisa juga minyak zaitun yang dicampur dengan minyak almond dan minyak biji anggur. Jangan gunakan minyak jojoba dan minyak kelapa karena bersifat comedogenic yang justru akan menyumbat pori-pori kulit. Cleansing Oil biasanya dilakukan di sore  hari karena siangnya wajah kita kotor karena minyak atau yg lain. Sedangkan kalau pagi cukup dengan facial wash saja, kecuali anda belum mandi seharian 🙂 . Cleansing oil bisa anda oleskan sebelum mandi, saat mandi tinggal basuh memakai facial wash. Pilih pembersih wajah yang tidak bertekstur kasar atau berscrub dan pastikan alcohol-free agar minyak di wajah anda tidak bertambah parah. Berikut kami rekomendasikan merk pembersih wajah yang bagus untuk kulit berminyak :

Theraskin milk cleanser & cleansing solution

Milk Cleanser dan Cleansing Solution

2. Toner Untuk Kulit Berminyak

Kenapa harus pakai toner segala? kan sudah pakai facial wash? Toner berfungsi mengembalikan PH kulit agar normal dan juga mengembalikan nutrisi nutrisi yang hilang karena penggunaan facial wash/ cleanser. Pembersih wajah paling lembut sekalipun tetap membutuhkan toner untuk mengembalikan kulit ke keadaannya semula, toner juga mempersiapkan kulit untuk tindakan perawatan kosmetik selanjutnya.

Selesai mandi anda bisa mengoleskan toner. Toner adalah cairan pembersih yang bisa anda oleskan dengan kapas. Toner sangat berguna untuk membersihkan kotoran, sisa sabun atau kosmetik. Anda bisa memakai ini sebelum mengoleskan moisturizer, serum atau melakukan peeling. Untuk kulit berminyak, pastikan toner tersebut oil-free dan mengandung subtansi seperti salicylic acid. Bahan ini juga sangat ampuh untuk melawan jerawat. Hindari juga toner yang memiliki bahan seperti SD alcohol 40, denatured alcohol, ethanol, dan isopropyl alcohol. Berikut kami berikan rekomendasi beberapa merk toner yang bagus untuk wajah berminyak :

Toner For Oily Skin dan acne toner

Toner For Oily Skin dan Acne Toner

3. Peeling Wajah

Apakah anda tahu wajah berminyak yang di peeling dan tidak bedanya bisa seperti bumi dan langit? Peeling wajah merupakan salah satu metode dalam perawatan wajah dimana bahan kimia di oleskan ke seluruh wajah. Peeling berguna menghilangkan lapisan kulit mati serta merangsang pertumbuhan sel baru. Hasilnya lapisan kulit yang muncul setelah peeling wajah terlihat lebih muda dan halus. Oleh karena itu peeling merupakan salah satu cara tercepat dalam menghilangkan jerawat, bekas jerawat dan flek hitamWajah berminyak sangat butuh untuk di peeling karena biasanya memiliki lapisan kulit mati yang lebih tebal dibanding kulit kering dan normal. Untuk kulit berminyak bahan terbaik dalam memilih peeling yang bagus adalah, ia harus mengandung salicylic acid (BHA). Saat pertama kali memakai peeling gunakan BHA dengan kandungan 2%, setelah terbiasa bisa naik sampai 10%. Substansi ini pada dasarnya tidak hanya membersihkan bagian permukaan kulit tetapi juga di dalam pori sehingga sebum dapat keluar dengan lancar dan tidak menggumpal di pori menyebabkan jerawat. Anda bisa melakukan peeling ringan 1 atau 2 hari sekali, atau peeling medium deep 2-3 minggu sekali. Bahan dan cara peeling ringan dan medium berbeda.   Satu hal yang perlu anda perhatikan adalah, kulit wajah yang di peeling cenderung lebih sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu wajib gunakan sunblock saat anda keluar rumah. Berikut ini merupakan produk pelling wajah yang kami rekomendasikan:

Theraskin Peeling GA 20% dan Pre Peel Cleanser

Peeling GA 20% dan Pre Peel Cleanser

4. Serum Untuk Kulit Berminyak

Serum berisi sejumlah bahan aktif, seperti vitamin, biasanya C dan E, juga antioksidan yang bermanfaat untuk menembus ke bagian dermis kulit lebih cepat. Produk ini paling cocok digunakan untuk mereka dengan jenis kulit berminyak. Namun tidak berarti serum tidak sesuai pada orang berkulit normal atau kering. Hanya saja, jika kulit wajah anda masuk ketegori kering maka anda harus menunggu 15 menit setelah mencuci muka sebelum memakai serum. Pada orang dengan kulit berminyak anda tinggal mengoleskan serum 1-2 setelah memakai toner. Toner bagus untuk membersihkan kotoran dan kulit mati, serta menyeimbangkan pH kulit. Pada keadaan masih lembab segera oleskan serum. Setelah itu tunggu 2-3 menit. Jika serum meninggalkan sisa lengket atau berminyak di kulit, artinya ia tidak berfungsi dengan baik. Serum bisa anda pakai sebelum mengoleskan pelembab agar dapat menyerap ke dalam kulit dengan sempuran. Berikut kami berikan rekomendasi merk serum terbaik untuk kulit berminyak :

Theraskin Serum Vitamin C 10% dan Oil Regulation Serum

Serum Vitamin C 10% dan Oil Regulation Serum

5. Pelembab Untuk Kulit Berminyak

Joshua Zeichner, direktur dari cosmetic and clinical research di the Mount Sinai Medical Center Department of Dermatology, Amerika mengatakan jika mempunyai kulit berminyak tidak berarti harus melewati moisturizer. Minyak tidak sama dengan kelembaban dan sudah sangat umum jika kulit berminyak akan mengelupas dan basah karena bahan-bahan yang keras. Pelembab biasa mempunyai komposisi terlalu berat untuk oily skin dan bisa membuat pori-pori tersumbat, hasilnya anda bisa jerawatan. Oleh karena itu, pilih pelembab yang oil-free dan mengandung bahan yang membuat kulit mampu menyimpan air lebih banyak seperti niacinamide, hyaluronic acid atau dimethicone karena bahan ini terasa ringan di wajah. Beberapa subtansi seperti mineral oil, petroleum, dan petrolatum sebaiknya dihindari. Pelembab bisa anda pakai sebelum menggunakan sunblock atau cream. Berikut akan kami rekomendasikan pelembab yang bagus untuk kulit berminyak :

Theraskin AHA 10 Cream dan Moisturizer Cream

Theraskin AHA 10 Cream dan Moisturizer Cream

6. Sunblock Untuk Kulit Berminyak

Sunblock harus anda gunakan sesudah melakukan proses Peeling. Dr. Joshua Zeichner juga merekomendasikan untuk memakai Sunblock dengan SPF dibawah 30. Sunblock pada dasarnya mengandung pelindung fisik titanium dioxide (TiO2) dan pelindung organik benzophenone-3 guna melindungi kulit dari sinar UVA maupun UVB. TiO2 sebagai tabir surya mempunyai kemampuan absorbing sinar UV yang kuat. Ia juga memiliki indeks refraksi yang tinggi. Oleh sebab itu, TiO2 bisa memantulkan kembali Sinar UVA dan UVB sekaligus. TiO2 ini menentukan seberapa besar SPF yang terkandung dalam produk. Semakin tinggi persentase TiO2, maka semakin tinggi pula angka SPF nya. SPF atau Sun Protection Factor menentukan seberapa lama anda bisa berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar. Tanpa tabir surya, kulit anda akan terbakar dalam waktu 15 menit. Jika anda memakai SPF 10, produk tersebut akan memperpanjang waktu terbakar hingga 10 kali lipat. Jadi 15×10 menit = 150 menit alias 2,5 jam. Pada merk sunblock yang bagus ini TiO2 sudah dilapisi dengan silica atau alumina. Ini dikarenakan TiO2 tanpa lapisan dapat membentuk radikal bebas yang mengakibatkan kanker. Dalam aretikel ini akan kami rekomendarikan merk sunblock yang bagus untuk kulit berminyak :

Theraskin Suncare Cream dan Suncare With AHA

Theraskin Suncare Cream dan Suncare With AHA

7. Cream Untuk Kulit Berminyak

Seorang asisten professor of dermatology di Weill Medical College of Cornell University, Diane Berson, mengatakan jika Niacinamide adalah zat yang sangat efektif untuk menyerap sebum. Ia juga berguna untuk menguatkan lapisan terluar kulit dan meningkatkan regenerasi sel sehingga kerusakan seperti hyperpigmentasi dan pori-pori yang lebar bisa diminimalisir. Selain niacinamide, retinol juga sangat berguna. Zat turunan vitamin A ini banyak ditemukan pada cream anti hyperpigmentasi (anti flek hitam). Ia bisa mengecilkan pori-pori kulit sehingga produksi sebum dapat dikurangi. Berikut kami rekomendasikan cream yang cocok untuk kulit berminyak :

theraskin niacin cream dan cream glansie

Niacin Cream dan Cream Glansie

8. Foundation Untuk Kulit Berminyak

Kulit berminyak sebaiknya memakai matte foundation dimana matte finish tidak akan membuat wajah anda mengkilap. Saat ini anda bisa menemukan banyak sekali foundation yang dibuat khusus untuk kulit berminyak. Foundation bisa berbentuk liquid atau powder. Pakailah foundation yang oil- free. Apabila wajahmu sangat berminyak, lebih baik pakai pressed powder foundation. Bentuknya mirip dengan dengan compact powder. Foundation jenis ini mampu menyerap minyak di wajah dengan bagus. Pilih yang kandunganya bebas dari waxes, talc dan oil. Berikut kami berikan rekomendasi merk foundation yang cocok untuk kulit berminyak :

Theraskin Powdery Foundation KL dan Liquid Foundation Hi-Grade KL

Powdery Foundation KL dan Liquid Foundation Hi-Grade KL

9. Bedak Untuk Kulit Berminyak

Ada dua jenis bedak di pasaran, yaitu compact powder (bedak padat) dan loose powder (bedak tabur). Sebetulnya, bedak tabur lebih dianjurkan untuk wajah berminyak. Ini disebabkan bedak tabur bisa menyerap minyak dengan baik pada. Sementara compact powder mengandung minyak yang membuat wajah semakin mengkilap. Namun, saat ini ada beberapa merk compact powder yang bisa anda gunakan untuk kulit berminyak. Pastikan bedak tersebut oil-free dan tidak mengandung polyisobutene atau barium sulfate. Sebelum memakai bedak, sebaiknya memakai foundation kusus untuk kulit berminyak dan gunakan sedikit lebih tebal pada area T, antara mata dan diatas hidung. Gunakan spon agar pemakaian bedak lebih merata. Anda juga bisa menggosokan es batu sebelum memakai bedak untuk mengontrol kelebihan minyak. Berikut kami rekomendarikan merk bedak yang cocok untuk kulit berminyak :

Theraskin Loose Powder KL dan Been Pink Loose Powder

Theraskin Loose Powder KL dan Been Pink Loose Powder

10. Masker untuk Kulit Berminyak

Tanah liat seperti kaolin (tanah liat putih), setelah diteliti ternyata sangat efektif untuk menyerap minyak. Jenis tanah ini bisa membersihkan kulit secara efektif, terutama kulit berminyak dan berjerawat. Ia juga bisa mengangkat sel-sel kulit mati yang susah terangkat serta memperlambat penuaan. Penggunaan masker bisa dilakukan dua minggu sekali sebab kulit membutuhkan waktu untuk regenerasi setiap 14-28 hari, sehingga masker tidak akan membuat kulit terbebani. Untuk mempermudah dalam memilih produk masker yang cocok untuk kulit berminyak anda, maka berikut kami beri rekomendasinya :

Masker Jafra Mud Mask Spa dan Theraskin Masker Peel Off Cocolate

Masker Jafra Mud Mask Spa dan Theraskin Masker Peel Off Cocolate

Jika dirangkum maka berikut tahapan skincare untuk kulit berminyak yang lengkap dan benar:

  1. Double Cleansing
  2. Toner
  3. Peeling
  4. Serum
  5. Pelembab
  6. Sun Block
  7. Cream Kulit Berminyak
  8. Foundation
  9. Bedak
  10. Masker

Skincare yang baik memang sedikit lebih ribet, akan tetapi usaha itu akan sangat sepadan dengan hasilnya yang memuaskan. Produk-produk yang kami rekomendasikan tersebut telah kami uji coba dalam jangka waktu satu bulan untuk tiap produk. Hasilnya, 95% dari produk itu juga mampu merawat kulit berjerawat dan flek hitam akibat acne scar.

Selain perawatan dengan obat, sebaiknya anda melakukan non-pharmaeutical therapy atau terapi tanpa obat. Ini bisa dilakukan dengan mengatur pola makan misalnya dengan konsumsi makanan rendah karbohidrat untuk kontrol hormonal. Produk susu dan juga makanan berlemak sebaiknya juga dikurangi. Makanan-makanan ini dapat menyebabkan terjadinya peningkatan minyak dalam kelenjar sebasea kulit, jika hal ini terjadi maka anda harus mampu mengantisipasinya dengan benar, caranya bagaimana? baca dan pelajari artikel ini dengan baik :). Customer servis kami siap melayani anda di nomor WA/SMS 0857 4842 8256 jika anda membutuhkan bantuan. Alangkah baiknya jika anda mengkonsumsi makanan segar yang rendah lemak trans dan lemak jenuh. Olahan ikan atau unggas tanpa kulit (yang tidak digoreng) juga baik untuk disantap ketimbang ayam goreng. Terakhir hindari makanan terlalu pedas dan minum air yang cukup.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.